Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero), atau KAI, kini menerapkan sistem antrean atau Waiting Room saat proses pembelian tiket kereta api untuk perjalanan jarak jauh. Inovasi terbaru ini diimplementasikan oleh KAI dengan tujuan meningkatkan kualitas layanan kepada penumpang.
Joni Martinus, VP Public Relations KAI, menjelaskan bahwa fitur Waiting Room ini merupakan sistem antrean online yang telah diterapkan oleh KAI melalui aplikasi Access by KAI dan situs web booking.kai.id pada saat pelanggan melakukan pemesanan tiket.
Tujuan dari penerapan sistem ini adalah untuk mengatur aliran pemesanan tiket dengan lebih terorganisir, khususnya pada saat tingginya volume pemesanan tiket. “Fitur ini membantu memastikan bahwa website dan aplikasi tetap stabil, dan pengguna dapat memesan tiket dengan lebih adil dan teratur,” ujar Joni dalam keterangan tertulisnya pada Sabtu, 23 Februari 2024.
Joni menjelaskan bahwa bagi mereka yang mengakses aplikasi Access by KAI atau situs web booking kai.id pada periode sibuk, akan dimasukkan ke dalam Waiting Room. “Secara otomatis, Anda akan diberikan nomor antrean dan harus menunggu giliran untuk mengakses sistem pemesanan tiket. Waktu tunggu bisa bervariasi tergantung pada jumlah pengguna yang sedang online,” tambah Joni.
Selain itu, jika pengguna keluar dari Waiting Room sebelum gilirannya tiba, mereka akan kehilangan posisi antrean mereka dan harus memulai proses dari awal jika ingin kembali masuk antrean. Inovasi ini diharapkan dapat memberikan pengalaman pemesanan tiket yang lebih efisien dan teratur bagi para pelanggan KAI.(BY)