Hukrim  

Sidang Putusan: Idman, Ketua KBPKL, Dihukum 4 Bulan Penjara

Sidang Putusan
Wakil Wali Kota (Wawako) Padang sisa masa jabatan 2018-2023, Ekos Albar menghadiri sidang putusan perseteruan Ketua KBPKL, Idman dengan Bendara KPP, Irsal Mawardi Sutan Pangeran.

Padang Pengadilan Negeri Kelas IA Padang telah menjatuhkan hukuman penjara selama empat bulan kepada Idman, Ketua Keluarga Besar Pedagang Kaki Lima (KBPKL) Pasar Raya Padang, pada Jumat (1/12/2023).

Hakim Ketua Eka Prasetya Budi Dharma memimpin sidang putusan bersama dua hakim anggota, Irwin Zaily dan Ferry Hardiansyah, serta Panitera Pengganti, Ahmad Fajri Hadi.

Idman dinyatakan bersalah karena melakukan pemukulan terhadap Bendahara Komunitas Pedagang Pasar (KPP), Irsal Mawardi Sutan Pangeran, di Sentral Pasar Raya (SPR) Plaza Padang pada Rabu (17/5/2023). Proses hukum ini melibatkan penangkapan Idman pada 18 Mei 2023, satu hari setelah peristiwa pemukulan terjadi, dan dia menjadi tahanan kota selama proses persidangan.

Baca Juga  Aksi Curanmor di Padang Berujung Penangkapan dan Penembakan

Sidang putusan berjalan dengan tertib, dimulai dengan pertanyaan tentang kondisi kesehatan terdakwa Idman dan dilanjutkan dengan pembacaan kronologis peristiwa pemukulan. Ruang sidang penuh dengan pengunjung yang memberikan dukungan kepada Idman.

Wakil Wali Kota (Wawako) Padang, Ekos Albar, yang turut hadir di tengah pengunjung, menyatakan bahwa kehadirannya bertujuan memberikan ketenangan kepada kelompok pedagang yang hadir di sidang putusan.

“Kami ingin proses hukum ini berjalan dengan baik dan memenuhi rasa keadilan. Kami ingin proses hukum ini menjadi pembelajaran bagi warga Kota Padang, bahwa tindakan yang bertentangan dengan aturan dan hukum pasti memiliki sanksi,” kata Ekos Albar usai persidangan.

Baca Juga  Embat Motor Plat Merah, Pelaku Diringkus Satreskrim Polres Pasaman Barat

Ekos Albar berharap agar warga Kota Padang dapat mengambil hikmah dari peristiwa ini dan berharap agar PKL dan pedagang di Pasar Raya bisa bekerja sama dengan damai dan aman.

“Semoga kita semua bisa mengambil hikmah dari peristiwa ini dengan saudara-saudara kita pedagang di Pasar Raya. Dan semoga setelah ini, antara PKL dan pedagang lain di Pasar Raya Padang bisa sama-sama berusaha dengan damai dan aman. Sehingga kita semua bisa mewujudkan Kota Padang yang aman, tertib, dan sejahtera,” ujarnya.

Putusan majelis hakim adalah hukuman penjara selama empat bulan bagi Idman. Pihak Idman menyatakan akan mempertimbangkan putusan tersebut.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *