Spektakuler Ribuan Warga Padati Alun Alun Rembang, Saksikan Festival Thong-Thong Lek

Rembang,fajarharapan.id – Ribuan Masyarakat berjubel memadati Alun alun Rembang untuk menyaksikan Festival tahunan yang digelar setiap akhir bulan Ramadhan

Pemerintah Kabupaten Rembang, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) kembali menggelar Festival Thong-Thong Lek pada Ramadan 1445 H kali ini. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk melestarikan tradisi di Rembang.

Pelaksanaan Festival Thong-Thong Lek tahun ini belum bisa memenuhi permintaan sebagian kalangan yang berharap agar thong-thong Lek digelar secara keliling, seperti dahulu.

“Dilakukan secara terpusat. Dengan harapan tradisi musiknya tetap masih jalan. Namun untuk pertimbangan keamanan, kenyamanan dan ketertiban kami melaksanakan terpusat di Alun-Alun Rembang pada hari Minggu (8/4/2024) malam..

Dari pantauan media untuk pentasnya para peserta menyanyikan lagu wajib berjudul “Ramadan Tiba” milik Opick. Untuk lagu pilihan di antaranya Padang Bulan versi Habib Syech, Tobat Maksiat lagunya Wali, Puasa lagunya Bimbo ditambah 2 lagunya Ning Umi Laila yaitu Alamate Anak Sholeh dan Wali Songo.

Baca Juga  Warga Keluhkan Jalan Penghubung Desa Segoromulyo Pamotan yang Rusak Parah

Thong Thong Lek kali ini Menonjolkan ketradisionalannya dengan menggunakan alat-alat yang tradisi perkus.

Kesyha salah satu warga Desa Ketanggi, Kecamatan Rembang mengatakan acara thong – thong lek kurang meriah, ya lain sama yang dulu sebelum Covid pak.

Dulu bisa lihat di pinggir- pinggir jalan, sekarang hanya dipusatkan disatu titik jadi, ya, kurang seru,” bilangnya

Ya, semoga ke depannya Thong Thong Lek bisa seperti tahun tahun yang lalu. Gak seperti ini, penuh sesak penonton. Mau parkir saja susahnya minta ampun.

Baca Juga  RSUD dr R Soetrasno Rembang Tambah Fasilitas Pemasangan Ring Jantung

Perlu diketahui, berdasarkan data yang ada pada panitia, pada hari Kamis 2 Maret 2024, baru tercatat 8 pendaftar.

Menurut Informasi yang kami peroleh pendaftaran sudah dibuka mulai tanggal 15 Maret 2024 dan ditutup 22 Maret 2024.(putra/romadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *