154.443 Kendaraan Kembali ke Jabotabek Usai Libur Panjang Idul Adha

Ratusan ribu kendaraan kembali ke Jabodetabek.
Ratusan ribu kendaraan kembali ke Jabodetabek

Jakarta PT Jasa Marga (Persero) Tbk melaporkan bahwa 154.443 kendaraan kembali ke wilayah Jabotabek setelah libur panjang Idul Adha. Angka ini merupakan akumulasi dari arus lalu lintas di empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), GT Cikampek Utama (arah Trans Jawa), dan GT Kalihurip Utama (arah Bandung).

Kepala Departemen Marketing & Komunikasi Jasa Marga, Faiza Riani, menjelaskan bahwa jumlah kendaraan yang kembali ke Jabotabek ini lebih tinggi dibandingkan dengan arus kendaraan yang meninggalkan Jabotabek.

“Jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek melalui empat gerbang tol utama pada hari tersebut tercatat sebanyak 114.205 kendaraan, 13,34% lebih rendah dari lalu lintas normal,” ujar Faiza dalam pernyataan resminya pada Selasa (18/6/2024).

Total volume kendaraan yang kembali ke Jabotabek meningkat 17,1% dibandingkan lalu lintas normal. Distribusi lalu lintas kembali ke Jabotabek dari tiga arah utama adalah sebagai berikut: sebanyak 75.730 kendaraan (49,03%) dari arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 39.567 kendaraan (25,62%) dari arah Selatan (Puncak), dan 39.146 kendaraan (25,35%) dari arah Barat (Merak).

Baca Juga  Peningkatan Arus Kendaraan Menuju Jabotabek, Jasa Marga Catat Rekor Tertinggi

Secara rinci, arus lalu lintas kembali ke Jabotabek dari arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama di Jalan Tol Jakarta-Cikampek tercatat sebanyak 35.354 kendaraan, meningkat 37,8% dari lalu lintas normal.

Arus kendaraan dari arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama di Jalan Tol Cipularang tercatat sebanyak 40.376 kendaraan, meningkat 36,5% dari lalu lintas normal.

Total arus lalu lintas kembali ke Jabotabek dari arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua gerbang tol tersebut sebanyak 75.730 kendaraan, naik 37,1% dari lalu lintas normal.

Baca Juga  Ganjar Pranowo dan Mahfud MD Komitmen Lanjutkan Pembangunan IKN Nusantara

Sedangkan arus kendaraan dari arah Merak melalui GT Cikupa di Jalan Tol Tangerang-Merak tercatat sebanyak 39.146 kendaraan, 14,4% lebih rendah dari lalu lintas normal.

Sementara itu, jumlah kendaraan yang kembali ke Jabotabek dari arah Puncak melalui GT Ciawi di Jalan Tol Jagorawi tercatat sebanyak 39.567 kendaraan, meningkat 27,7% dari lalu lintas normal.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *