Progres Bandara Nusantara Capai 50%, Siap Sambut Tamu Negara di Hari Kemerdekaan 2024

Nusantara Airport Ditargetkan Rampung Akhir Juli 2024.
Nusantara Airport Ditargetkan Rampung Akhir Juli 2024.

Jakarta – Pemerintah memastikan bahwa Bandara Nusantara siap menyambut tamu negara pada perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2024. Saat ini, progres pembangunan bandara tersebut telah mencapai 50%.

Berikut spesifikasi Bandara Nusantara:

Bandara Nusantara memiliki luas terminal 7.350 meter persegi dan luas area bandara 347 hektare.

Desain terminal bandara ini menggabungkan unsur kearifan lokal dengan menonjolkan budaya Kalimantan serta berorientasi pada konsep ramah lingkungan.

Baca Juga  Mudik Lebaran 2024, Kemenhub Buka Pendaftaran Gratis Melalui Aplikasi

Runway bandara ini memiliki panjang 3.000 meter dan lebar 45 meter, sehingga dapat didarati oleh pesawat berbadan besar seperti Boeing 777-300ER dan Airbus A380.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa dengan selesainya pembangunan Bandara Nusantara, seluruh tamu VIP dan tamu negara yang datang menggunakan pesawat dapat mendarat di bandara tersebut.

“Hal ini mempermudah para tamu negara dan VIP untuk mengikuti upacara HUT RI di IKN,” ujar Menhub saat mengunjungi objek wisata Saloka Theme Park di Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Baca Juga  Perusahaan Pelayaran SPIL Hemat Biaya Operasional di TPK Jayapura

Adapun sektor yang bertanggung jawab atas perayaan HUT Kemerdekaan RI adalah Kepala Sekretariat Presiden. Namun, Kementerian Perhubungan secara khusus ditugaskan oleh Presiden Jokowi untuk persiapan Bandara IKN yang kini telah diberi nama Bandara Nusantara.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *