Inovasi Transportasi, ART Tanpa Rel Akan Diuji di IKN

Menhub Budi Karya soal IKN.
Menhub Budi Karya soal IKN

Jakarta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengumumkan bahwa uji coba kereta otonom tanpa rel atau autonomous rail transit (ART) di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan dimulai pada Agustus 2024.

“ART adalah teknologi transportasi ikonik yang tidak menggunakan rel, hanya marka jalan dan magnet, serta digerakkan oleh baterai. Uji coba akan dimulai pada Agustus,” kata Budi Karya Sumadi dikutip dari Antara, Minggu (16/6/2024).

“Kami telah berkoordinasi dengan pihak-pihak yang memberikan CSR. Selama enam bulan, layanan CSR ini akan gratis, dan pada Januari 2025 kami akan mengadakan lelang untuk penyediaan layanan yang lebih permanen,” tambahnya.

Baca Juga  Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin Hadiri Penyampaian LHP 2023 di JCC Jakarta

IKN dirancang sebagai kawasan dengan konsep kota cerdas yang mengedepankan prinsip hijau dan berkelanjutan. Kehadiran ART di IKN sejalan dengan prinsip ini, karena meningkatkan efisiensi dan keamanan mobilitas, serta ramah lingkungan.

ART dioperasikan menggunakan baterai yang dikombinasikan dengan marka jalan dan magnet, sehingga mampu mengurangi emisi gas rumah kaca dan penggunaan energi.

IKN diharapkan menjadi pelopor dalam penerapan transportasi cerdas di Indonesia dan menginspirasi kota-kota lain untuk mengembangkan sistem transportasi yang cerdas dan berkelanjutan.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *