Tradisi Kuliner Idul Adha, Dari Biryani hingga Maqlouba

Kuliner Idul Adha dari berbahai negara.
Kuliner Idul Adha dari berbahai negara

Fajarharapan.id – Setiap negara memiliki tradisi kuliner unik saat merayakan Idul Adha, dengan hidangan khas yang mencerminkan kekayaan budaya dan sejarahnya.

Mulai dari Biryani yang harum dari India hingga Maqlouba yang unik dari kawasan Syam, hidangan Idul Adha memadukan cita rasa rempah-rempah yang kaya dengan kehangatan tradisional.

Kebab Turki dengan dagingnya yang lembut dan Musagaah dari Timur Tengah dengan rempah-rempah yang kuat, menawarkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan selama perayaan Idul Adha.

Di Maroko, Boulfaf dari hati domba panggang menjadi hidangan pembuka yang digemari, sementara Tufahije dari Bosnia memberikan sentuhan manis dengan apel dan kenari.

Berikut adalah beberapa hidangan khas Idul Adha dari berbagai negara yang menggambarkan kekayaan tradisi dan budaya kuliner Muslim.

Kebab Turki
Pada dasarnya, kebab Turki menggunakan daging anak domba yang sering dipadukan dengan daging sapi atau kambing. Daging yang digunakan untuk kebab dipotong kecil-kecil dan dimarinasi dengan rempah-rempah sebelum dipanggang. Kebab disajikan dengan roti pita, sayuran segar, dan saus yogurt, menciptakan hidangan yang lezat dan seimbang. Kebab Turki menjadi salah satu makanan yang paling terkenal di seluruh dunia dan menjadi pilihan populer selama perayaan Idul Adha.

Baca Juga  20 Pilihan Mobil Bekas Dibawah Rp60 Juta: SUV, MPV, Sedan, dan Hatchback Terjangkau

Musagaah dari Timur Tengah
Musagaah adalah hidangan daging cincang yang diracik dengan rempah-rempah khas Timur Tengah. Daging cincang yang digunakan biasanya daging kambing atau domba, yang dimasak dengan berbagai rempah seperti kayu manis, jintan, dan ketumbar. Hidangan ini memiliki cita rasa yang kuat dan kaya, mencerminkan kekayaan rempah yang sering digunakan dalam masakan Timur Tengah. Musagaah sering disajikan dengan roti pita atau nasi, menjadikannya hidangan yang sempurna untuk dinikmati bersama keluarga besar.

Biryani dari Asia Selatan
Biryani adalah olahan nasi khas Asia Selatan yang populer di India, Pakistan, dan Bangladesh. Nasi biryani dimasak dengan berbagai rempah-rempah seperti kunyit, ketumbar, kayu manis, dan kapulaga, kemudian ditambah dengan sayuran dan daging, biasanya daging kambing, ayam, atau sapi. Proses memasak biryani yang rumit dan penggunaan rempah-rempah yang beragam menghasilkan nasi yang harum dan penuh rasa. Hidangan ini sering menjadi pusat perhatian dalam perayaan Idul Adha, dinikmati oleh keluarga besar dalam porsi besar.

Baca Juga  Skema KPR 35 Tahun, Solusi Menarik bagi Milenial dan Gen Z dalam Membeli Rumah

Maqlouba dari Negeri Syam
Maqlouba merupakan makanan khas dari Negeri Syam, meliputi wilayah Suriah, Yordania, Palestina, dan Lebanon. Maqlouba, yang berarti “terbalik” dalam bahasa Arab, adalah hidangan yang disajikan dalam kondisi terbalik. Bahan-bahan seperti daging, sayuran, dan nasi dimasak dalam panci yang kemudian dibalik saat disajikan, sehingga bagian bawah panci menjadi bagian atas hidangan. Maqlouba biasanya dimasak dengan rempah-rempah seperti kunyit dan kayu manis, memberikan rasa yang kaya dan warna yang menarik.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *