Layanan Pinjaman Online Tanpa Verifikasi Wajah, Pilihan dan Keamanan

Pinjaman online modal KTP.
Pinjaman online modal KTP

Jakarta – Saat ini, masyarakat sering kali menggunakan layanan pinjaman online (pinjol) yang menawarkan kemudahan seperti pengajuan pinjaman hanya dengan menggunakan KTP tanpa memerlukan verifikasi wajah.

Kemudahan syarat ini sering menjadi pilihan untuk mendapatkan uang secara cepat guna mengatasi masalah keuangan. Namun, meski pinjol memberikan kemudahan, ada kekhawatiran terkait keamanan dan potensi penyalahgunaan data pribadi oleh penyedia layanan.

Verifikasi wajah biasanya dianggap penting untuk menjaga keamanan, tetapi prosesnya sering kali menimbulkan masalah atau kesalahan. Berikut adalah beberapa layanan pinjol yang hanya memerlukan KTP tanpa verifikasi wajah, berdasarkan berbagai sumber:

  1. Akulaku Akulaku adalah perusahaan teknologi finansial di Indonesia yang menyediakan layanan pinjaman, pembayaran, dan investasi melalui aplikasi online. Telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Akulaku menawarkan dua jenis pinjaman: KTA Asetku yang memungkinkan pencairan dana lebih cepat, dan Dana Cicil yang menawarkan jumlah pinjaman lebih besar.
  2. Home Kredit Home Kredit adalah aplikasi pinjol dengan bunga rendah yang sudah terdaftar di OJK. Pengguna cukup menyediakan KTP dan satu dokumen tambahan seperti kartu keluarga, buku tabungan, atau SIM untuk mengajukan cicilan. Pinjaman yang ditawarkan berkisar antara Rp750 ribu hingga 20 juta dengan jangka waktu pembayaran 10-18 bulan, dan bunga mulai dari 0% per bulan.
  3. Kredit Pintar Dikembangkan oleh PT Kredit Pintar Indonesia, layanan pinjaman ini hanya memerlukan KTP dan tidak memerlukan verifikasi wajah. Kredit Pintar merupakan anggota Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) dan telah mendapatkan izin dari OJK dengan nomor surat KEP-83/D.05/2019.
  4. Tunaiku Tunaiku adalah produk pinjaman tanpa agunan dari PT Bank Amar Indonesia Tbk. Dimulai pada tahun 2024, pengguna hanya perlu KTP untuk mengajukan pinjaman mulai dari Rp2 juta hingga Rp20 juta.
  5. Shopee Pinjam (SPinjam) Spinjam adalah layanan pinjaman online resmi dari Shopee yang menyediakan dana tunai. Dana yang dipinjam melalui Spinjam dapat ditarik ke bank dan digunakan untuk berbelanja di Shopee atau membayar tagihan mendesak di luar aplikasi.
Baca Juga  Mekanisme Penghentian Bunga pada Pinjaman Online

Meskipun mempermudah akses ke dana, konsumen perlu berhati-hati dan mempertimbangkan dengan matang terkait risiko yang mungkin terjadi.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *