Menteri PUPR, Implementasi Bertahap MLFF Dimulai dari Tol Bali Mandara

Bayar Tol Tanpa Henti di Bali.
Bayar Tol Tanpa Henti di Bali.

Jakarta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menyatakan bahwa penerapan sistem transaksi tol nontunai tanpa sentuhan, Multi Lane Free Flow (MLFF), akan dimulai secara bertahap.

Hasil uji coba yang dilakukan pada Desember 2023 di ruas Tol Bali Mandara menunjukkan bahwa masih ada beberapa aspek yang perlu dievaluasi, baik dari segi teknis maupun manajerial.

“Saya optimis MLFF akan diimplementasikan secara bertahap, dimulai dengan single lane atau sistem hibrida yang masih menggunakan kartu e-toll,” ujar Menteri Basuki pada Rabu (29/5/2024).

Menteri Basuki menjelaskan bahwa penerapan MLFF akan dilakukan secara bertahap, dimulai dengan Single Lane Free Flow (SLFF) yang menggunakan barrier dan tapping (hibrida), kemudian beralih ke SLFF dengan barrier, dan akhirnya menuju SLFF tanpa barrier hingga penerapan MLFF penuh.

Baca Juga  PUPR Prioritaskan Infrastruktur Berkelanjutan untuk Kurangi Emisi

Teknologi yang digunakan adalah GNSS, sehingga tetap memerlukan aplikasi Cantas untuk transaksi pembayaran tol. Pelaksanaan SLFF akan dimulai dengan uji coba di ruas Jalan Tol Bali Mandara, dan jika berhasil, akan diperluas ke ruas tol lainnya.

Setelah teknologi MLFF diterapkan di seluruh jalan tol, pengguna diwajibkan mendaftarkan data pribadi dan nomor kendaraan pada aplikasi Cantas sebelum masuk tol untuk memastikan kepatuhan dalam pembayaran. Pengguna tol diharapkan memperhatikan registrasi aplikasi Cantas dan memastikan saldo mencukupi sebelum memasuki jalan tol.

Presiden Direktur Roatex Indonesia Toll System, Attila Keszeg, menyatakan kesiapan mendengarkan masukan dari Pemerintah Indonesia tentang perlunya transisi menuju MLFF, termasuk pentingnya sosialisasi kepada masyarakat, terutama mengenai proses registrasi kendaraan.

“Proyek ini adalah transformasi teknologi di jalan tol, khususnya dalam transaksi pembayaran. Kami terus bekerja sama secara intensif dengan PUPR untuk memulai penerapan tahap MLFF pada akhir tahun 2024,” ujar Attila.

Baca Juga  Elon Musk dan Luhut Binsar Pandjaitan Luncurkan Starlink di Bali Hari Ini

Sebagai informasi, penerapan sistem MLFF akan menghilangkan antrian di gerbang tol dan mengurangi polusi udara akibat berhentinya kendaraan di gerbang tol. Selain itu, sistem MLFF ini merupakan inovasi dalam digitalisasi pembayaran tarif tol.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *