Progres Pembangunan IKN, Anggaran Infrastruktur Capai 12,1%

Menteri Keuangan Sri Mulyani soal anggaran IKN.
Menteri Keuangan Sri Mulyani soal anggaran IKN

Jakarta Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan bahwa realisasi anggaran untuk Ibu Kota Nusantara (IKN) telah mencapai Rp4,8 triliun hingga 30 April 2024.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan bahwa anggaran IKN telah terealisasi sebesar 12,1% dari total anggaran APBN yang berjumlah Rp39,8 triliun.

“Anggaran untuk IKN adalah Rp39,8 triliun, namun yang terealisasi baru Rp4,8 triliun atau sekitar 12,1%. Khusus untuk infrastruktur, dari anggaran Rp36,5 triliun, sudah terealisasi Rp2,8 triliun,” ungkap Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KITA Edisi Mei 2024, Senin (27/5/2024).

Saat ini, pembangunan sedang berlangsung di berbagai sektor, termasuk gedung-gedung di kawasan istana, kawasan Kemenko, gedung UKM, serta menara rusun untuk ASN. Selain itu, sedang dibangun rumah tapak untuk menteri dan rumah sakit DKS.

Baca Juga  Badan Otorita IKN Rencanakan Penerbitan Obligasi sebagai Alternatif Pembiayaan

“Pembangunan jalan tol IKN, jembatan IKN, bandara VVIP, serta penyempurnaan kawasan Bendungan Paku semuanya bertujuan untuk suplai air dan pengendalian banjir di IKN,” jelasnya.

Selain itu, ada anggaran Rp2 triliun untuk enam infrastruktur lainnya, termasuk perencanaan, promosi publikasi, sosialisasi, rekomendasi pemetaan, dukungan pengamanan dari Polri, dan lain-lain.

“Jika kita lihat, belanja untuk IKN meningkat dari Rp5,5 triliun pada tahun 2022 menjadi Rp27 triliun, dan tahun ini mencapai Rp39,8 triliun dalam APBN kita,” pungkasnya.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *