Strategi Mengatasi Kesulitan Bayar Pinjol, Panduan Praktis untuk Peminjam

Lakukan Ini Bila Tidak Bisa Bayar Pinjol.
Lakukan Ini Bila Tidak Bisa Bayar Pinjol.

Bekasi – Layanan pinjaman online (Pinjol) sering kali dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menutupi kebutuhan sehari-hari mereka. Namun, sayangnya, banyak peminjam yang menghadapi kesulitan dalam mengembalikan pinjaman beserta bunganya.

Faktor utama yang menyebabkan kesulitan dalam pembayaran pinjaman adalah besarnya bunga yang harus dibayar dan waktu pelunasan yang terbilang singkat. Banyak peminjam terjerat karena tergoda dengan persyaratan yang mudah dan jumlah pinjaman yang besar.

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa solusi yang bisa dipertimbangkan oleh para peminjam:

  1. Mengalokasikan Dana Lebih Besar untuk Pembayaran Pinjol

Pertama, peminjam dapat mengalokasikan dana lebih besar untuk membayar pinjol guna mengurangi beban akibat tunggakan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengurangi pengeluaran yang tidak penting. Selain itu, membuat rencana anggaran untuk membayar pinjol secara bertahap atau dicicil setiap bulan dengan jumlah yang lebih besar dari yang diwajibkan dan disiplin dalam melaksanakannya.

Baca Juga  Satgas PASTI Berhasil Hentikan Ribuan Entitas Ilegal, Maraknya Pinjol untuk Judi Online Jadi Sorotan
  1. Tidak Mengabaikan Kewajiban

Jika tidak mampu membayar pinjol secara legal, penting untuk tetap berkomunikasi dengan perusahaan Pinjol. Jangan menghindari atau mengabaikan kewajiban untuk membayar utang. Dengan berkomunikasi secara terbuka tentang kondisi keuangan dan memberikan informasi yang jujur, pihak pinjol kemungkinan besar akan memahami situasi dan bersedia mencari solusi untuk membantu menyelesaikan utang yang belum lunas.

  1. Mencari Sumber Pendapatan Tambahan

Peminjam dapat mencari sumber pendapatan tambahan untuk melunasi pinjol yang jatuh tempo. Ini bisa dilakukan dengan meminjam dari keluarga atau teman, atau bahkan dengan menjual barang-barang atau perhiasan untuk mendapatkan tambahan pendapatan guna memenuhi kewajiban pembayaran pinjol.

  1. Negosiasi untuk Mengurangi Bunga dan Denda

Salah satu solusi lain adalah melakukan negosiasi untuk mengurangi besaran bunga dan denda. Jika merasa terbebani, peminjam dapat meminta keringanan bunga dan denda kepada pihak pinjol dengan menceritakan situasi yang membuatnya kesulitan untuk membayar tagihan.

Baca Juga  Panduan Praktis Mengusir Kecoak dari Rumah
  1. Mengajukan Perpanjangan atau Restrukturisasi Pinjol

Peminjam juga bisa mengajukan permohonan perpanjangan atau restrukturisasi pinjol ketika dihubungi oleh pihak pinjol legal untuk membayar utang yang sudah melewati batas waktu.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *