Menteri Basuki, Tol Akses IKN Siap Beroperasi Sebelum 17 Agustus 2024

Jalan Tol di IKN.
Jalan Tol di IKN

Jakarta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengumumkan bahwa pembangunan jalan Tol Akses Ibu Kota Nusantara (IKN) sepanjang 27 km telah mencapai progres sebesar 81%.

Menteri Basuki berharap bahwa Jalan Tol IKN akan berfungsi sepenuhnya sebelum perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2024. Hal ini diharapkan dapat memperlancar pergerakan peserta upacara dan tamu undangan ke IKN. “Dari segi fisik, tidak ada masalah yang berarti, hanya ada beberapa kendala di lokasi tertentu, tetapi kami berusaha agar semuanya selesai pada bulan Agustus,” ujar Menteri Basuki ketika melakukan peninjauan di proyek Tol IKN, pada Selasa (7/5/2024).

Menteri Basuki menjelaskan bahwa pembangunan Tol IKN saat ini terbagi menjadi tiga seksi. Seksi 3A dari Karangjoang ke KKT Kariangau sepanjang 13,4 km, Seksi 3B dari KKT Kariangau ke Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km, dan Seksi 5A dari Simpang Tempadung ke Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km.

Baca Juga  Maraknya Gerakan BDS, Tiga Fakta Produk Israel di Mata Dunia dan di Indonesia

Ketiga seksi tersebut, menurut Menteri Basuki, akan segera berfungsi dan dapat digunakan secara gratis untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas menuju IKN saat perayaan Hari Kemerdekaan.

“Total panjang Tol IKN dari Balikpapan melalui Tol Balsam hingga Jembatan Pulau Balang akan kami manfaatkan pada 17 Agustus 2024 dengan tiga lajur. Tol tersebut akan beroperasi tanpa tarif saat itu,” tambahnya.

Baca Juga  Resep Ayam Kecap Ala Chef Devina Hermawan, Sajian Lezat untuk Sarapan atau Bekerja

Pembangunan Tol IKN ini diestimasi menghabiskan dana sebesar Rp6,8 triliun untuk ketiga seksi tersebut. Ketiga seksi tersebut direncanakan akan selesai dan beroperasi pada bulan Juli 2024, dan akan digunakan tanpa tarif demi mendukung perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *