Perkembangan Industri Timah, Indonesia Tetap Unggul di Tengah Persaingan ASEAN

Penghasil timah terbesar di ASEAN.
Penghasil timah terbesar di ASEAN

Jakarta Indonesia menempati posisi teratas sebagai penghasil timah terbesar di ASEAN. Di kawasan Association of Southeast Asian Nations atau ASEAN, Indonesia dikenal sebagai negara penghasil timah terbesar.

Pada tahun 2019, produksi timah Indonesia mencapai 77,5 ribu ton. Timah ini merupakan hasil tambang yang memiliki berbagai kegunaan, termasuk sebagai bahan baku alternatif untuk kaleng yang biasanya terbuat dari aluminium.

Pada tahun 2020, Indonesia masih mempertahankan posisinya sebagai penghasil timah terbesar di ASEAN meskipun jumlah produksinya turun menjadi 66 ribu ton.

Berikut adalah 6 negara penghasil timah terbesar di ASEAN:

  1. Indonesia

Indonesia tetap memimpin sebagai negara penghasil timah terbesar di ASEAN. Meskipun jumlah produksinya mengalami penurunan pada tahun 2020, namun Indonesia masih mempertahankan posisinya sebagai penghasil timah terbesar di Asia Tenggara.

Baca Juga  Pasar Terbesar di Indonesia Hadir di Kota Batu, Pasar Induk Among Tani
  1. Myanmar

Myanmar menghasilkan 42 ribu ton timah pada tahun 2019 dan 33 ribu ton pada tahun 2020. Produksi timah terbesar di Myanmar terdapat di provinsi Man Maw yang berbatasan langsung dengan China.

  1. Vietnam

Vietnam menghasilkan 5,5 ton timah pada tahun 2019 dan 4,9 ribu ton pada tahun 2020. Hasil timah di Vietnam digunakan baik untuk keperluan domestik maupun diekspor.

  1. Malaysia

Sebagian besar timah dihasilkan Malaysia dari wilayah Kinta Valley, Selangor, dan Perak. Pada tahun 2019, Malaysia menghasilkan 3,61 ribu ton timah, sedangkan pada tahun 2020 jumlahnya mencapai 3,3 ribu ton.

  1. Laos

Laos menghasilkan 1,4 ribu ton timah pada tahun 2019, namun jumlahnya turun menjadi 1200 ton pada tahun 2020. Perusahaan penghasil timah terbanyak di Laos adalah perusahaan Lao-Korean Tin Mines.

Baca Juga  Perempatfinal Korea Open 2023: Fajar/Rian Siap Berduel Melawan Goh Sze Fei/Nur Izzuddin
  1. Thailand

Thailand pernah mengalami masa sulit di industri timah pada tahun 1985 ketika harga timah turun. Namun, Thailand kembali bangkit dan meningkatkan produksinya. Pada tahun 2019, Thailand menghasilkan 100 ton timah, dan jumlahnya meningkat drastis menjadi 700 ton pada tahun 2020.

Demikianlah informasi mengenai 6 negara penghasil timah terbesar di ASEAN, dengan Indonesia memimpin dalam peringkat tersebut.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *