Lonjakan Permintaan Penerbangan Lebaran 2024, AP I Ungkap 2.151 Permohonan Extra Flight

Kesiapan AP I Menghadapi Tantangan Arus Mudik.
Kesiapan AP I Menghadapi Tantangan Arus Mudik

Jakarta – PT Angkasa Pura I (Persero) telah mengungkapkan bahwa sebanyak 2.151 permohonan extra flight telah diajukan oleh 11 maskapai penerbangan nasional untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pesawat selama angkutan Lebaran 2024.

Direktur Utama AP I, MMA Indah Preastuty, menyatakan bahwa Bandara Internasional Juanda, Surabaya, menjadi yang memiliki permohonan extra flight terbanyak dengan 538 permohonan. Diikuti oleh Bandara Internasional Yogyakarta dengan 410 permohonan, dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan 295 permohonan.

Indah memastikan bahwa infrastruktur dan kesiapan operasional bandara yang dikelola oleh perseroan sudah mencukupi untuk menanggapi permohonan extra flight tersebut.

“Secara keseluruhan, dari segi infrastruktur bandara, kesiapan operasional, dan personel, AP I siap untuk memastikan kelancaran angkutan udara selama periode Angkutan Lebaran tahun ini,” ujar Indah pada hari Kamis (4/4/2024).

Baca Juga  Jalur Tol Solo-Yogyakarta Siap Dilalui untuk Arus Mudik Lebaran 2024

Dari sisi jumlah penumpang, AP I menargetkan 15 bandara dapat melayani 3,39 juta orang, yang mengalami peningkatan sebesar 8 persen dibandingkan dengan jumlah penumpang pada Lebaran tahun sebelumnya, yakni 3,13 juta orang.

Perusahaan juga memperkirakan akan ada 26.000 pergerakan pesawat, meningkat sebesar 8 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

“Posko Lebaran di 15 bandara AP1 bertujuan untuk memantau kelancaran operasional penerbangan selama periode arus mudik dan arus balik pada libur Hari Raya Idul Fitri. Operasional Posko Lebaran ini juga berdasarkan pada prinsip safety, security, services, dan compliance,” jelasnya.

Indah menambahkan bahwa dalam Posko Lebaran 2024 di 15 bandara tersebut, akan ada sekitar 4.653 personel yang terdiri dari 4.227 personel internal AP I dan 426 personel keamanan dari TNI dan Kepolisian.

Perusahaan memprediksi bahwa bandara tersibuk seperti Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Internasional Yogyakarta akan menjadi bandara dengan jumlah pergerakan penumpang dan pesawat tertinggi selama Lebaran 2024.

Baca Juga  Pesawat Tetap Jadi Pilihan Utama untuk Mudik Lebaran 2024

AP1 juga memproyeksikan bahwa puncak arus mudik akan terjadi pada Sabtu (6/4/2024), atau H-4 Lebaran, sedangkan puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada Senin (15/4/2024), atau H+4 Lebaran.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *