Jalur Tol Solo-Yogyakarta Siap Dilalui untuk Arus Mudik Lebaran 2024

Jalan tol solo-yogya beroperasi fungsional saat Lebaran.
Jalan tol solo-yogya beroperasi fungsional saat Lebaran

Semarang – Jalur tol Solo-Yogyakarta telah dibuka secara fungsional untuk memfasilitasi arus mudik Lebaran 2024. Irjen Pol Ahmad Luthfi, Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah, bersama Direktur Lalu Lintas Polda Jateng, melakukan pemeriksaan untuk memastikan kesiapan jalur tol fungsional Solo-Yogyakarta yang akan digunakan selama arus mudik dan balik Lebaran 2024, pada hari Senin (1/4/2024).

Pemeriksaan tersebut mencakup pengecekan kondisi jalan, kesiapan pintu gerbang tol, ketersediaan petugas gerbang tol, dan kepadatan kendaraan yang melintas di Gerbang Tol (GT) Ngasem, Karanganyar.

Kesiapan Tol Fungsional Solo-Yogyakarta telah mencapai 85 persen. Dengan demikian, jalur tol tersebut siap digunakan selama arus mudik Lebaran 2024, meskipun dengan kecepatan terbatas.

Baca Juga  Jumlah Kendaraan Meninggalkan Jabodetabek Saat Libur Tahun Baru Tembus 376.949

“Jalur tol fungsional tersedia sepanjang 22 kilometer dari Kartasura hingga Ngawen, Klaten. Meskipun masih dalam tahap konstruksi, dapat dilalui dengan kecepatan terbatas, yakni 40-50 kilometer per jam,” ujar AKBP Jerrold H.Y. Kumontoy, Kapolres Karanganyar, saat mendampingi Irjen Pol Ahmad Luthfi dalam konferensi pers.

Ada 12 gerbang tol yang siap digunakan di GT Ngasem, terdiri dari 2 GT utama, 6 GT satelit, dan 4 GT mobile reader. Selama pemeriksaan, arus kendaraan di GT Ngasem terpantau normal tanpa lonjakan signifikan.

“Untuk saat ini, GT tol siap menerima pemudik. Berdasarkan prediksi Kementerian Perhubungan, puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada tanggal 6 April. Semoga tidak ada penumpukan arus mudik pada waktu tersebut dan tradisi mudik tahun ini berjalan aman dan lancar,” tambahnya.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *