Jasa Marga Gratiskan 4 Ruas Tol untuk Mudik Lebaran 2024

Ilustrasi Daftar 4 Tol Baru yang Beroperasi Gratis Mudik Lebaran 2024.
Ilustrasi Daftar 4 Tol Baru yang Beroperasi Gratis Mudik Lebaran 2024

Jakarta – Terdapat 4 ruas tol baru yang akan dibuka secara gratis selama periode mudik Lebaran 2024. Pengelolaan tol-tol ini diserahkan kepada PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR).

Jasa Marga telah menyiapkan 4 ruas tol beserta akses fungsionalnya untuk mendukung periode arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Keempat ruas tol tersebut meliputi tol Japek II Selatan, tol Solo-Yogyakarta, tambahan fungsional satu lajur di ruas Palikanci, dan akses fungsional tol KM 99 ruas Cipularang.

Kepala Kelompok Komunikasi Perusahaan & Pengembangan Masyarakat Jasa Marga, Lisye Octaviana, menyatakan bahwa ada 2 ruas tol yang akan beroperasi fungsional selama periode Lebaran ini, yakni Jalan Tol Solo-Yogyakarta dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan.

Lisye menjelaskan bahwa untuk Jalan Tol Solo-Yogyakarta selama periode Lebaran 2024 ini, terdapat penambahan panjang ruas fungsional dari Colomadu hingga Ngawen sepanjang 22,3 Km (dari sebelumnya Kartasura-Karanganom 13 KM).

Ruas fungsional ini akan terhubung dengan Jalan Provinsi Jatinom-Boyolali dan kemudian ke Jalan Nasional Yogyakarta-Solo.

Baca Juga  Rekor Penumpang, Kisah Sukses KRL saat Libur Lebaran 2024

Ruas fungsional ini akan beroperasi mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB selama periode arus mudik (5-11 April 2024) dan arus balik (12-15 April 2024), serta hanya dibuka untuk kendaraan golongan 1 non-bus.

“Jalan tol fungsional yang menjadi favorit seperti periode sebelumnya, seperti Yogya-Solo, telah kami persiapkan dan siap dibuka secara fungsional,” ujar Lisye dalam konferensi pers di kantor, Kamis (21/3/2024).

Sementara itu, untuk ruas fungsional Japek II Selatan akan beroperasi dari SS Sadang hingga Kutanegara sepanjang 8,5 KM, yang dioperasikan secara situasional sesuai dengan kebijakan Kepolisian untuk mendukung distribusi lalu lintas pada arus balik, terutama dari arah Bandung dan sekitarnya menuju Jabotabek melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Selain itu, Jasa Marga juga akan mengoperasikan fungsional tambahan satu lajur (dari 2 lajur menjadi 3 lajur) di Jalan Tol Palikanci KM 208+150 hingga KM 210+190 (sepanjang ±2,04 KM) serta mengoperasikan akses fungsional tol KM 99 Jalan Tol Cipularang baik dari arah Jakarta maupun Bandung.

Baca Juga  Angkutan Natal dan Tahun Baru 2023/2024 PT Angkasa Pura II, Layani Lebih dari 4,2 Juta Penumpang

Diketahui, Jasa Marga memperkirakan total kendaraan yang melintas selama periode arus mudik dan arus balik Lebaran 2024, atau H-7 hingga H+7 lebaran, mencapai 3,78 juta kendaraan. Proyeksi tersebut merupakan jumlah kumulatif arus lalu lintas dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikupa (arah Merak).(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *