Presiden Jokowi Perpanjang Relaksasi Harga Beras Premium Hingga April 2024

Jokowi Setujui HET Beras Premium Diperpanjang.
Jokowi Setujui HET Beras Premium Diperpanjang.

Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan memperpanjang kebijakan relaksasi Harga Eceran Tertinggi (HET) beras premium hingga bulan April 2024. Sebelumnya, kebijakan relaksasi HET untuk beras premium dijadwalkan berakhir pada akhir bulan ini.

Arief Prasetyo Adi, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), menyatakan bahwa Presiden telah menyetujui perpanjangan relaksasi harga beras premium dari Rp13.900 menjadi Rp14.900 selama satu bulan ini,” ungkapnya usai rapat di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Selasa (19/3/2024).

Menurut Arief, perpanjangan ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan stok beras di pasar tetap terjaga.

“Tujuannya adalah agar stok beras di pasar, terutama di supermarket dan outlet modern, tetap terjaga dalam rangka relaksasi harga beras,” jelasnya.

Baca Juga  Presiden Jokowi: Indonesia Akan Mengimpor 250 Ribuan Ton Beras dari Kamboja

Arief juga menegaskan bahwa stok beras di Badan Urusan Logistik (Bulog) akan dipertahankan di atas 2 juta ton. Oleh karena itu, dia menekankan pentingnya peningkatan produksi beras dalam negeri.

“Kami perlu meningkatkan produksi dalam negeri. Stok Bulog harus dipertahankan di atas 2 juta ton, yang sebelumnya hanya 1,2 juta ton. Oleh karena itu, peningkatan produksi beras dalam negeri sangat penting. Menteri Pertanian juga telah menyampaikan tentang pemanfaatan benih dan pupuk untuk mendorong produksi dalam negeri,” paparnya.

Arief juga menekankan bahwa prioritas pemenuhan stok Bulog akan diberikan pada produksi dalam negeri, dengan pengadaan dari luar negeri hanya menjadi opsi terakhir jika diperlukan.

Baca Juga  Inovasi Terbaru PT KAI, Sistem Antrean Tiket Kereta Api Jarak Jauh

“Prioritas kami adalah meningkatkan produksi dalam negeri. Jika diperlukan, pengadaan dari luar negeri akan dilakukan, tetapi itu hanya sebagai alternatif terakhir,” tambahnya.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *