Kementerian PUPR Bangun Stadion Utama Sumatera Utara untuk PON 2024

Pembangunan stadion deli serdang.
Pembangunan stadion deli serdang

Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mengembangkan Stadion Utama Sumatera Utara di Deli Serdang guna mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menjelaskan bahwa Stadion Utama Sumatera Utara berlokasi di Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang. Pembangunan stadion ini telah dimulai sejak September 2023 dengan anggaran sebesar Rp587 miliar.

“Stadion Utama Sumatera Utara dibangun untuk menyediakan fasilitas olahraga yang memadai demi kesuksesan penyelenggaraan PON XXI Tahun 2024 di Provinsi Sumatera Utara dan Aceh,” ungkap Menteri Basuki dalam keterangan resminya pada Sabtu (16/3/2024).

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Utara, Deva Kurniawan Rahmadi, menambahkan bahwa saat ini progres pembangunan stadion tersebut sudah mencapai sekitar 31,63%, dengan target dapat digunakan mulai bulan September mendatang.

Baca Juga  Ganjar-Mahfud Ungkap 21 Program Unggulan, Misi Pemberdayaan dan Keberlanjutan di Pilpres 2024

Pembangunan Stadion Utama Sumatera Utara dilakukan oleh Konsorsium PT Adhi Karya – PT PP – PT Penta sebagai kontraktor pelaksana, serta PT Jaya CM dan PT Ciriajasa KSO sebagai manajemen konstruksi. Stadion ini dibangun di atas lahan seluas 48.420 m2 dengan luas bangunan 27.452 m2.

“Stadion ini terdiri dari 3 lantai dengan tribun yang dapat menampung total 25.750 penonton, terdiri dari 365 unit untuk penonton VIP, 224 unit untuk media, 25.115 unit untuk penonton reguler, dan 46 unit untuk penonton difabel,” tambah Deva.

Rangkaian pekerjaan pembangunan meliputi persiapan, manajemen K2, pembangunan gedung stadion, kursi individual, pemasangan signage, turnstile, lapangan permainan (FOP), infrastruktur, pekerjaan luar, pagar keliling area, utilitas luar, gardu listrik PLN, serta penyambungan air dan telepon.

Baca Juga  Kementerian PUPR Selesaikan Konstruksi Bendungan Lolak, Genangan 101 Hektar Sudah Tersedia

“Hingga saat ini, sudah dilakukan pekerjaan bor pile, struktur bawah (pilecap dan tiebeam), struktur bawah (kolom lantai 1), FOP, dinding penahan tanah dan saluran, serta fabrikasi precast,” tutup Deva.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *