Penjualan Tiket Kereta Api Mudik Lebaran 2024 Capai 40%, KAI Catat Rekor Penjualan Awal

Tiket kereta api periode musim libur Lebaran sudah terjual.
Tiket kereta api periode musim libur Lebaran sudah terjual

Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat bahwa telah terjual sebanyak 1.197.698 tiket kereta api untuk arus mudik Lebaran tahun 2024. Joni Martinus, Wakil Presiden Hubungan Masyarakat KAI, menyatakan bahwa jumlah tersebut setara dengan 40% dari total tiket yang tersedia, yakni sebanyak 3.009.733 tiket untuk arus mudik dan balik pada Lebaran 2024.

“Jumlah penjualan tiket ini kemungkinan akan terus meningkat seiring dengan berlanjutnya penjualan,” kata Joni dalam pernyataan resmi, Sabtu (9/3/2024).

Lebih lanjut, Joni mengungkapkan bahwa ada 10 kereta api favorit yang banyak dipilih oleh calon pemudik untuk Lebaran 2024, antara lain KA Airlangga rute Pasarsenen-Surabaya Pasar Turi (PP), KA Bengawan rute Pasarsenen-Purwosari (PP), KA Kahuripan rute Kiaracondong-Blitar (PP), KA Sri Tanjung rute Lempuyangan-Ketapang (PP), dan KA Matarmaja rute Pasarsenen-Malang (PP).

Selain itu, terdapat juga KA Pasundan rute Kiaracondong-Surabaya Gubeng (PP), KA Kertajaya rute Pasarsenen-Surabaya Pasarturi (PP), KA Progo rute Pasarsenen-Lempuyangan (PP), KA Brantas rute Pasarsenen-Blitar (PP), dan KA Dharmawangsa rute Pasarsenen-Surabaya Pasarturi (PP).

Baca Juga  Tarif Cukai Hasil Tembakau Naik 10%, Bagaimana Dampaknya Terhadap Harga Rokok?

“KAI berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan selama periode Angkutan Lebaran dengan menjamin keamanan, kenyamanan, dan keselamatan selama perjalanan dengan kereta api,” tutur Joni.

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) membuka kembali pemesanan tiket tambahan untuk perjalanan Lebaran tahap kedua dengan total 24 kereta api, yang dapat dipesan mulai Kamis (7/3). Tiket KA tambahan ini dapat dipesan melalui aplikasi Access by KAI, situs web kai.id, dan saluran penjualan online resmi lainnya. Sementara itu, loket di stasiun hanya akan melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Dengan adanya penambahan 24 KA untuk tahap kedua ini, maka total KAI telah menambahkan 48 KA tambahan untuk Lebaran. Sebelumnya, KAI telah membuka pemesanan 24 KA tambahan untuk Lebaran tahap pertama yang dapat dipesan mulai Rabu (6/3).

Baca Juga  Rekor Penjualan Tiket Kereta Api: Mudik Natal 2023 Capai 81,4% Ketersediaan

Joni Martinus menambahkan bahwa kereta api tambahan tahap kedua ini disediakan untuk perjalanan di rute-rute favorit seperti Jakarta-Cilacap pp, Jakarta-Malang pp, Jakarta-Semarang pp, Bandung-Solo pp, dan lainnya.

“KAI menambah frekuensi perjalanan di berbagai rute dan kelas untuk memenuhi permintaan tinggi masyarakat dalam menggunakan kereta api selama musim Lebaran,” tambah Joni.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *