Lebih dari 600 UMKM di Surabaya Terbina di UMKM Center BSI, Dorongan untuk Pengembangan Bisnis Lokal

UMKM Center BSI.
UMKM Center BSI.

SurabayaPT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mendorong pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal dengan mendirikan UMKM Center, salah satunya di Surabaya, Jawa Timur.

UMKM Center BSI Surabaya kini menjadi rumah bagi lebih dari 600 UMKM binaan, yang meliputi UMKM pemula, UMKM berkembang, dan UMKM berdaya. Mereka berasal dari berbagai sektor seperti makanan dan minuman, kerajinan, fesyen, dan lainnya.

Hingga Desember 2023, pembiayaan yang diberikan oleh BSI kepada UMKM mencapai Rp45,47 triliun, mengalami pertumbuhan sebesar 8,49 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Risqi Widayat, SVP SME Business Group BSI, menjelaskan bahwa pengembangan UMKM menjadi fokus utama BSI tahun ini. Langkah ini diambil untuk meningkatkan daya saing UMKM di tingkat nasional.

BSI berkomitmen menjadikan UMKM Center Surabaya sebagai pusat inkubasi bisnis UMKM di Jawa Timur. Pelaku UMKM yang berada di binaan UMKM Center terlibat dalam berbagai kegiatan, termasuk bazar UMKM, baik di tingkat nasional maupun internasional, seperti dalam acara charity Indonesia-Palestina, bazar ASEAN di Labuan Bajo, dan event-event besar lainnya.

Baca Juga  Exploring Property, Harga Tanah di Bekasi dalam Sorotan

“Ini penting agar produk-produk mereka dapat dikenal luas oleh masyarakat lokal maupun mancanegara. Produk UMKM yang dibina di UMKM Center harus mampu bersaing tidak hanya di pasar domestik tetapi juga di pasar internasional,” ungkap Risqi.

Selain itu, UMKM Center Surabaya juga menyelenggarakan berbagai program untuk mendorong pelaku UMKM di Jawa Timur. Program tersebut antara lain Klinik UMKM sebagai forum untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan, serta rangkaian pelatihan yang disebut sebagai UMKM Center Surabaya School of Entrepreneurship.

Baca Juga  Penanganan Kontainer Tertahan di Tanjung Priok dan Tanjung Perak, Menko Airlangga Turun Tangan

Hingga saat ini, UMKM Center Surabaya telah menyelenggarakan dua gelombang pelatihan. Gelombang pertama membahas tentang Pemasaran Bisnis Digital dan yang kedua membahas Laporan Keuangan untuk UMKM.

Risqi juga menambahkan bahwa UMKM Center Surabaya telah menjalin kerja sama dengan DISKOP UKM Provinsi Jawa Timur, Halal Center ITS, Halal Center UINSU, dan Halal Center UNAIR.

Dalam upaya pemberdayaan ini, UMKM Center BSI berkolaborasi dengan berbagai pihak termasuk regulator, instansi pemerintah, komunitas UMKM, lembaga inkubator bisnis/halal center di perguruan tinggi, dan berbagai pihak terkait lainnya.

Selain itu, UMKM Center Surabaya juga memberikan fasilitas bagi pelaku usaha yang ingin mendapatkan NIB (Nomor Induk Berusaha), izin edar, sertifikasi halal, dan layanan lainnya.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *