Peringatan dari PT KAI, Stop Kontak Kereta Hanya untuk Pengisian Gawai

Peringatan Soal Penggunaan Stop Kontak di Dalam Gerbong Kereta.
Peringatan Soal Penggunaan Stop Kontak di Dalam Gerbong Kereta.

JakartaPT KAI (Persero) merespons viralnya video penumpang kereta api yang memasak nasi di dalam gerbong menggunakan stop kontak atau colokan listrik.

Menurut Joni Martinus, Wakil Presiden Hubungan Masyarakat KAI, stop kontak tersebut seharusnya hanya untuk mengisi daya perangkat elektronik seperti handphone, tablet, atau laptop.

Selain perangkat elektronik, penumpang tidak boleh menggunakan stop kontak di kereta api untuk keperluan lain seperti peralatan rumah tangga.

“Kegiatan semacam itu dapat mengganggu penumpang lainnya dan berpotensi membahayakan keselamatan serta kenyamanan perjalanan kereta api,” kata Joni.

Penggunaan alat elektronik dengan daya besar secara berlebihan dan bersamaan bisa mengganggu sistem kelistrikan kereta.

Baca Juga  Pasokan Beras Premium Bulog Kosong di Ritel Modern

Belakangan ini, banyak pembicaraan di media sosial tentang penggunaan stop kontak di kereta api untuk memasak nasi, menggantung kipas angin portable di atas kursi penumpang, bahkan menggunakan catokan rambut.

Joni mengingatkan bahwa jika ada kendala selama perjalanan, seperti AC yang tidak berfungsi dengan baik, penumpang dapat segera menghubungi petugas kondektur. Nomor kontak petugas kondektur tertera di dinding kereta.

Penumpang juga bisa menyampaikan keluhan melalui Direct Message ke akun media sosial KAI, email [email protected], WhatsApp 08111-2111-121, atau telepon di 121.

Baca Juga  PT KAI Ingatkan Penumpang: Tetap Gunakan Masker Saat Naik Kereta Api di Tengah Lonjakan Kasus Covid-19

“KAI mengimbau kepada pelanggan untuk saling menghormati dan menjaga ketertiban, fasilitas, dan stasiun karena layanan kereta api merupakan fasilitas umum,” tambahnya.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *