Klarifikasi Jokowi, Bansos 10 kg Tidak Berdampak Pada Kelangkaan Beras

Jokowi Tegaskan Kelangkaan Beras Bukan karena Bansos.
Jokowi Tegaskan Kelangkaan Beras Bukan karena Bansos.

JakartaPresiden Joko Widodo (Jokowi) menyanggah klaim bahwa kelangkaan beras tidak terkait dengan distribusi bantuan sosial (bansos) beras seberat 10 kg, melainkan disebabkan oleh keterlambatan suplai.

Jokowi membantah anggapan bahwa kelangkaan beras terjadi karena adanya bansos beras 10 kg yang merupakan program bantuan pangan dari pemerintah kepada masyarakat.

Dengan tegas, Jokowi menyatakan bahwa pemberian bansos beras 10 kg dapat mengontrol kenaikan harga beras.

“Tidak ada hubungannya, sama sekali tidak ada kaitannya dengan bantuan pangan beras. Tidak ada hubungannya sama sekali,” ujar Jokowi usai mengunjungi Pasar Induk Beras Cipinang, seperti dilansir pada Jumat (16/2/2024).

Jokowi juga menjelaskan bahwa bansos membantu mengendalikan suplai beras, yang pada gilirannya mencegah kenaikan harga beras.

“Sebenarnya, ini yang bisa mengendalikan karena suplainya melalui bantuan sosial ke masyarakat. Sehingga, ini justru menahan agar harga tidak naik; kalau tidak, justru melonjak. Ini mengikuti prinsip suplai dan permintaan. Suplainya diberikan dan didistribusikan dengan baik, otomatis harga terkendali,” tegas Jokowi.

Baca Juga  Presiden Jokowi Resmikan Revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan bahwa kelangkaan dan kenaikan harga beras terkait dengan keterlambatan suplai dari hasil panen yang belum tiba. Distribusi juga terhambat oleh banjir.

“Masalahnya terletak pada suplai, karena panen belum masuk. Hasil panen dari produksi belum sampai ke pasar. Distribusinya juga terganggu oleh banjir di Demak, di Gerobak, yang mempengaruhi, tetapi menurut saya, sudah diselesaikan melalui pengiriman dari Badan Urusan Logistik (Bulog) ke daerah dan pasar induk Cipinang,” katanya.

Jokowi menginstruksikan agar barang segera disalurkan sesuai dengan permintaan pasar dan daerah kepada menteri dan kepala lembaga yang terkait dengan beras.

Baca Juga  Elon Musk dan SpaceX Akan Sediakan Jaringan Internet Starlink di Gaza

“Sudah, intinya, berikan sesuai permintaan pasar. Berapapun yang diminta oleh daerah, beri. Baik yang program bantuan sosial pangan (SPHP) maupun yang komersial, beri. Barangnya sudah ada,” kata Jokowi.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *