Uang Koin Rp500 Bergambar Melati, Objek Langka yang Diburu Kolektor

Uang koin Rp500 Melati.
Uang koin Rp500 Melati

Jakarta Uang koin bernominal Rp500 dengan gambar Melati sedang menjadi pembicaraan hangat. Pasalnya, uang koin ini termasuk dalam daftar uang langka yang diminati oleh para kolektor.

Meskipun telah ditarik dari peredaran oleh Bank Indonesia (BI), uang koin tersebut kini tidak lagi digunakan sebagai alat pembayaran, tetapi malah menjadi objek incaran untuk dikoleksi.

Menariknya, uang koin Rp500 bergambar Melati tersebut ternyata memiliki nilai yang lebih tinggi daripada lima unit Honda Forza terbaru. Fakta ini didukung oleh harga jual uang koin tersebut di beberapa platform toko online.

Diketahui bahwa uang koin Rp500 gambar Melati memiliki nilai jual yang mencapai Rp150 juta, seperti yang tercatat dalam beberapa toko online. Selain itu, ada juga toko online lain yang menjualnya dengan harga mencapai Rp99,9 juta atau mendekati angka Rp100 juta.

Baca Juga  Bahlil Lahadalia Sebut Razia Izin Tambang Sesuai Ketentuan Presiden

Meski begitu, harga jual uang koin tersebut bervariasi. Beberapa toko online menjualnya dengan harga Rp5 ribu per keping, sementara yang lain menjualnya hingga mencapai Rp5 juta.

Berbagai toko online menawarkan harga berbeda-beda untuk uang koin ini. Namun, dalam catatan saat ini, uang kuno sering kali dijual dengan harga yang lebih tinggi daripada nilai nominalnya. Hal ini karena kesulitan dalam mendapatkan uang kuno tersebut.

Nilai yang tinggi membuat uang kuno menjadi buruan para kolektor, terutama para numismatis. Karena itulah, minat terhadap uang kuno masih tinggi di kalangan masyarakat, dan sering kali memberikan keuntungan tersendiri. Para kolektor uang kuno biasanya tertarik dengan desain, nilai nostalgia, dan cerita yang terkandung dalam uang tersebut. Mereka melihat uang kuno sebagai karya seni yang patut diapresiasi.

Baca Juga  Jawa Barat dan DKI Jakarta Dominasi Transaksi Judi Online di Indonesia

Seorang numismatis bernama Yohanes Dicky, seperti yang dilansir dari channel YouTube Update Indonesia, telah lama mengumpulkan uang kuno dengan antusias sejak kecil. Yohanes menghabiskan sejumlah uang yang besar, berkisar antara ratusan juta rupiah, untuk membangun koleksinya yang dimulai sejak dia masih kecil.

Menurutnya, investasi yang dia lakukan dalam mengumpulkan uang kuno tersebut mungkin telah mencapai angka Rp300 juta hingga Rp400 juta, mengingat dia telah memulai hobi ini sejak kecil.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *