Muhammad Zinedine Alam Ganjar Bagi Tips Inovasi UMKM di Manado

Alam Ganjar Pranowo Bertemu Pemuda di Manado.
Alam Ganjar Pranowo Bertemu Pemuda di Manado

Jakarta Muhammad Zinedine Alam Ganjar berbagi tips tentang bagaimana pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dapat terus berinovasi dalam acara Creative Talk ‘Pengembangan Inovasi UMKM Berbasis Kerakyatan Bagi Generasi Z’ di salah satu tempat hangout anak muda di kawasan Sario Utara, Manado, Sulawesi Utara, pada Sabtu (20/1/2024) lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Alam didampingi oleh Orlan Maleke, Pendiri Putra Tani Makobang, dan difasilitasi oleh Moderator Wulan Pangarepan.

Ganjar Pranowo, putra tunggal Calon Presiden nomor urut 3 yang juga didukung oleh Partai Perindo, membahas bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan dalam pengembangan UMKM, di mana pelaku industri diharapkan untuk terus berinovasi.

“Senjata utama UMKM saat ini adalah teknologi, karena pelaku industri kreatif harus terampil dalam mengakses fitur dan memanfaatkan aplikasi untuk berjualan melalui gadget,” ungkap Alam.

Baca Juga  BUMN Jadi Locomotive Ekonomi, Dukungan UMKM dan Pasar Murah Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Alam melanjutkan, menurutnya, saat ini internet dan media sosial dapat digunakan sebagai sarana belajar dan mendapatkan informasi terkait pengembangan model bisnis yang sesuai untuk pelaku industri UMKM.

“Media sosial dapat dimanfaatkan untuk menemukan referensi dan inspirasi yang dapat dimodifikasi sesuai dengan model bisnis masing-masing, karena penggunaan ini dapat mempercepat perkembangan industri usaha,” tambah Alam.

Diskusi berakhir dengan pernyataan Alam. Setelah acara selesai, ia langsung menuju bandara untuk melanjutkan perjalanan berikutnya.

Sebelumnya, Alam terlihat sarapan pagi di warung Aheng bersama masyarakat. Ia menikmati mie cakalang dengan lahap, menunjukkan kegemarannya dalam berkuliner dan menyukai masakan khas Manado.

Baca Juga  Cara Menghapus Data di Aplikasi Pinjaman Online dengan Mudah

Alam menghabiskan dua hari di Sulawesi Utara, mengunjungi berbagai tempat dan bertemu dengan pemuda setempat. Ia menyatakan kegembiraannya atas kunjungannya ke Sulawesi Utara dan berharap dapat kembali untuk memperkenalkan keindahan alam dan kuliner yang dimiliki oleh wilayah tersebut.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *