Presiden Proyeksikan Upacara Kemerdekaan di IKN 17 Agustus 2024, Melihat Kemajuan Infrastruktur

Proyek Terbaru IKN.
Proyek Terbaru IKN.

Jakarta Presiden Joko Widodo memproyeksikan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia akan diadakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024. Hal ini disampaikan setelah Presiden melakukan peninjauan dan peletakan batu pertama pada sejumlah infrastruktur.

“Saya optimis insyaallah pada 17 Agustus 2024 kita dapat melaksanakan upacara hari kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara,” ungkap Presiden.

Pembangunan IKN terus menunjukkan kemajuan yang positif, terutama dengan semakin banyaknya investasi yang masuk ke IKN. Berikut adalah rangkuman 7 fakta terbaru mengenai proyek IKN hingga rencana penyelenggaraan upacara pada 17 Agustus 2024 seperti dilansir pada Minggu, 21 Januari 2024:

  1. Groundbreaking Hotel Jambuluwuk Nusantara
    • Pada tanggal 18 Januari 2024, dimulailah pembangunan Hotel Jambuluwuk Nusantara dengan peletakan batu pertama oleh Presiden Jokowi.
    • Presiden menyatakan, “Tadi kita telah melakukan peletakan batu pertama Hotel Jambuluwuk, hotel dan resort ini. Ini adalah hotel dan resort yang keenam dan kita harapkan semuanya bisa segera memulai dan menyelesaikan pembangunannya secepat-cepatnya.”
  2. Pembangunan Logistik Hub PT Pos Indonesia dengan PT Bina Karya
    • Presiden memberi sambutan positif terhadap pembangunan logistik hub oleh PT Pos Indonesia bekerja sama dengan PT Bina Karya. Menurutnya, hal tersebut akan melengkapi fasilitas dan infrastruktur yang belum ada di IKN.
    • Presiden menjelaskan, “Artinya, urusan logistik sekarang sudah ada yang menanganinya yaitu Pos Indonesia dan Bina Karya.”
  3. 8-10 Proyek Groundbreaking
    • Presiden menyatakan bahwa ke depannya akan ada 8 hingga 10 proyek yang akan melakukan peletakan batu pertama setiap bulannya. Banyak investor yang antre untuk membangun di IKN.
    • Presiden menegaskan, “Sebetulnya memang yang antri banyak tapi perlu juga diverifikasi, perlu disaring sesuai dengan kebutuhan yang ada di Ibu Kota Nusantara.”
  4. Groundbreaking Tahap 4
    • Pada tanggal 17 Januari 2024, Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) kembali melakukan groundbreaking tahap 4. Proyek tersebut mencakup Nusantara Logistics Hub oleh Pos Indonesia dan Bina Karya, serta pembangunan Masjid Negara.
    • Hal ini juga merupakan wujud komitmen Pemerintah Indonesia untuk menjadikan IKN sebagai ibu kota yang modern, cerdas, dan berkelanjutan.
  5. Partisipasi BUMN
    • Data dari OIKN menyebutkan bahwa dua BUMN, yaitu Pos Indonesia dan RRI, berpartisipasi dalam proses groundbreaking tahap 4. Pos Indonesia akan membangun Nusantara Logistics Hub, sementara RRI akan membangun studio dan melakukan siaran di IKN.
  6. 23 Investor Telah Melakukan Groundbreaking
    • OIKN mengumumkan bahwa sebanyak 23 investor pelopor dari dalam negeri telah melakukan groundbreaking di IKN dengan nilai investasi non-APBN sekitar Rp41,4 triliun.
    • Groundbreaking tahap 1 (21-22 September 2023) telah memberikan investasi sebesar Rp23,1 triliun.(BY)
Baca Juga  Toko Perlengkapan Sekolah di Kuningan Diserbu Jelang Tahun Ajaran Baru 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *