Target Pertumbuhan Ekonomi 5,20%, Langkah Pemerintah Indonesia Menuju Kesejahteraan 2024

Target Pertumbuhan Ekonomi RI 2024.
Target Pertumbuhan Ekonomi RI 2024.

Jakarta – Target pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2024 telah ditetapkan sebesar 5,20%. Pemerintah telah melakukan persiapan yang matang untuk mencapai target ini.

Dalam menghadapi potensi dinamika global, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2024 memiliki peran penting dalam menjaga laju pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Menurut informasi yang diunggah di laman resmi Instagram Direktorat Jenderal Kekayaan Negara @ditjenkn, target pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) adalah 73,99-74,02.

Peningkatan daya saing dalam aspek pembangunan manusia menjadi salah satu fokus utama. “Prioritasnya adalah memperkuat daya saing ekonomi melalui pembangunan manusia yang berkualitas,” demikian keterangan tersebut.

Baca Juga  Menteri Luhut Binsar Pandjaitan: Saya Akan Tetap Loyal dan Mengabdi pada Presiden Jokowi

Untuk mencapai tujuan tersebut, alokasi anggaran untuk program Perluasan Wajib Belajar dan Bantuan Pendidikan meningkat menjadi Rp665 triliun, mengalami kenaikan sebesar 20,5% dari tahun sebelumnya.

Program-program prioritas di bidang pendidikan mencakup Program Indonesia Pintar untuk 20,8 juta siswa, KIP Kuliah untuk 1,1 juta mahasiswa, BOS untuk 43,7 juta siswa, BOS Paud untuk 6,2 juta peserta didik, BOS Pendidikan Kesetaraan untuk 890,7 ribu peserta didik, dan TPG Non PNS untuk 577,7 ribu guru non PNS. Selain itu, berbagai beasiswa dan dukungan pendanaan riset juga menjadi bagian dari program ini.

Baca Juga  Ganjar Pranowo: Penegakan Hukum Kunci Pertumbuhan Ekonomi, Target 7% di 2024

Pentingnya APBN bukan hanya sebagai alat penyangga krisis, tetapi juga sebagai instrumen yang mendukung transformasi ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *