Luhut Ungkap Alasan Kenaikan Pajak Motor

Menko Luhut Binsar Pandjaitan soal pajak motor bbm.
Menko Luhut Binsar Pandjaitan soal pajak motor bbm

Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengumumkan rencana pemerintah untuk meningkatkan pajak kendaraan bermotor berbahan bakar bensin atau mesin pembakaran internal (ICE).

Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya transisi energi yang sedang dilakukan oleh pemerintah.

“Mobil listrik menjadi elemen kunci dalam upaya transisi energi nasional. Ini mencerminkan perubahan iklim dan memastikan ketahanan energi guna mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia,” kata Luhut pada Sabtu (20/1/2024).

Luhut menjelaskan bahwa kebijakan ini bertujuan agar masyarakat beralih ke kendaraan listrik atau transportasi umum. Menurutnya, langkah ini dapat membantu mengurangi tingkat polusi di kota-kota besar Indonesia yang semakin memburuk. Selain itu, diharapkan dapat mengurangi kemacetan lalu lintas.

Baca Juga  Wamentan Harvick Dorong Manokwari Jadi Lumbung Pangan Papua Barat

“Ini sangat penting. Bukan hanya sekadar pembicaraan atau kritikan belaka. Setelah berbulan-bulan rapat, kami telah mengidentifikasi sejumlah masalah yang perlu diselesaikan. Ini kesempatan baik untuk menjadikan Jakarta lebih bersih, meningkatkan kesehatan masyarakat, dan mengurangi subsidi pengobatan hingga Rp 10 triliun,” ungkap Luhut.

Baca Juga  Wakil Presiden Ma’ruf Amin Ajak Yunani Berinvestasi di Ibu Kota Nusantara

Selain itu, Luhut juga mengungkap bahwa pemerintah akan mengintensifkan pengendalian emisi gas buang dengan menerapkan teknologi Euro 4 dan Euro 5. Menurutnya, saat ini pemerintah sedang mengupayakan penyempurnaan rencana peningkatan pajak sepeda motor.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *