Konsumsi Listrik Indonesia Meningkat Tajam, Capai 1.337 kWh per Kapita di Tahun 2023

Konsumsi listrik naik 14%.
Konsumsi listrik naik 14%

Jakarta Kementerian ESDM mencatat bahwa realisasi konsumsi listrik Indonesia sepanjang tahun 2023 mencapai 1.337 kWh. Konsumsi listrik ini mengalami peningkatan sebesar 14% dibandingkan dengan tahun 2022 yang tercatat sebesar 1.173 kWh per kapita.

Dijelaskan bahwa realisasi konsumsi listrik pada tahun 2023 juga melebihi target yang ditetapkan pada tahun tersebut, yaitu sebesar 1.336 kWh per kapita.

Jisman menambahkan bahwa peningkatan konsumsi listrik dari tahun ke tahun mencerminkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Baca Juga  Ganjar Pranowo: Komitmen Melanjutkan Pembangunan IKN Sesuai Amanat Undang-Undang

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa konsumsi listrik Indonesia pada tahun 2023 yang mencapai 1.337 kWh per kapita juga tergolong baik dibandingkan dengan negara-negara lain seperti Myanmar, Kamboja, Filipina, hingga Timor Leste.

“(Mereka) masih di bawah dan kita ini sangat luas ada 17 ribu pulau dan penduduk 270 juta, kita sebenarnya pengguna listriknya juga tidak kalah dengan yang lain,” imbuhnya.

Baca Juga  Ahok Mundur sebagai Komisaris Utama Pertamina, Erick Thohir Menghargai Langkahnya

Jisman merinci bahwa konsumsi listrik per kapita di Myanmar masih sebesar 416 kWh per kapita, Kamboja sebesar 524 kWh, Timor Leste sebesar 401 kWh, dan Filipina 976 kWh per kapita.

Meskipun demikian, Jisman menilai bahwa Indonesia masih perlu meningkatkan konsumsi listrik per kapita karena tingkat konsumsi yang lebih tinggi mencerminkan kemakmuran masyarakat.

“Kita berharap paling tidak mengejar Thailand dulu di angka 2000-an,” tutupnya.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *