Proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) Berjalan Kencang Menuju Upacara Kemerdekaan 2024

Presiden Jokowi di IKN.
Presiden Jokowi di IKN

Jakarta Pemerintah mempercepat pembangunan proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan tujuan agar proyek tersebut dapat digunakan untuk menyelenggarakan upacara kemerdekaan pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Sebagai bagian dari upaya ini, pembangunan infrastruktur dasar, sarana, dan prasarana menjadi tanggung jawab Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pada awal tahun 2024, Pemerintah telah mengalokasikan sekitar Rp1,89 triliun untuk pelaksanaan 3 proyek baru di IKN.

Ketiga proyek tersebut secara resmi dimulai dengan seremonial peletakan batu pertama atau groundbreaking yang dipimpin oleh Presiden Jokowi pada Rabu, 17 Januari 2024, di IKN. Proyek-proyek tersebut mencakup pembangunan Masjid Negara seharga Rp991 miliar, Kantor Badan Otorita seharga Rp547 miliar, dan Memorial Park.

Baca Juga  Jasa Marga Ingatkan Pengguna Jalan Pastikan Saldo E-Toll Cukup untuk Arus Balik

Pembangunan Kantor Otorita IKN, yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR bersama Adhi Karya – Jaya Konstruksi KSO, dimulai pada Januari 2024 dengan target selesai pada Desember 2024. Tahap pertama kantor ini dapat menampung 600 orang, memiliki nilai pembangunan sebesar Rp547 miliar, dengan 6 lantai dan fasilitas lapangan parkir. Luas lahan proyek ini mencapai 28.827 m2, termasuk gedung utama seluas 14.621,87 m2 (5 lantai, 1 lantai parkir) dan gedung Data Center seluas 1.629,84 m2 (2 lantai), serta infrastruktur jalan, lanskap, dan utilitas kawasan.

Baca Juga  Jasa Marga Tbk Berkomitmen Dukung Pemerintah Capai Net Zero Emission 2060

Presiden Jokowi menyampaikan harapannya, “Saya berharap pembangunan Kantor Otorita IKN ini dapat selesai dengan cepat sehingga semua kegiatan otoritas dapat diorganisir, terpusat, dan optimal. Para karyawan pun dapat bekerja dengan lebih nyaman dan produktif untuk mendukung pengembangan IKN.”

Pada awal tahun 2024, juga dilakukan groundbreaking untuk pembangunan Memorial Park IKN dengan biaya Rp361 miliar, ditargetkan selesai pada Desember 2024. Memorial Park memiliki luas 2.034,00 m2 yang terdiri dari area altar dan akses tangga, dilengkapi dengan infrastruktur jalan dan lanskap.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *