Transformasi Digital 2024, Daftar Pekerjaan yang Akan Digantikan oleh Kecerdasan Buatan

Daftar pekerjaan yang terancam punah.
Daftar pekerjaan yang terancam punah

Jakarta – Daftar pekerjaan yang berisiko punah pada tahun 2024 semakin memanjang. Ancaman ini muncul akibat kemajuan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang akan mengubah lanskap industri dengan penggunaan robotika dan mesin yang mampu beroperasi secara mandiri.

Menurut laporan terbaru dari Goldman Sachs, diperkirakan bahwa kecerdasan buatan dapat menggantikan peran 300 juta pekerja manusia. Berikut adalah beberapa pekerjaan yang berada di garis depan ancaman punah pada tahun 2024:

Wartawan

Penggunaan sistem otomatisasi dalam proses editorial oleh banyak redaksi dapat memicu penurunan pekerjaan wartawan. Namun, pengurangan lapangan kerja ini tidak hanya disebabkan oleh teknologi semata.

Baca Juga  Pedagang Pasar Tanah Abang Harap Harga Barang Online Sama dengan Offline

Kasir

Mesin kasir otomatis, meskipun awalnya kurang populer di kalangan pelanggan, telah berkembang menjadi versi yang lebih canggih. Mesin pembayaran mandiri dapat beroperasi tanpa bantuan manusia.

Teknik Sipil

Profesi teknik sipil juga terancam karena kehadiran AI. Dengan menggunakan kecerdasan buatan, perhitungan dan desain dapat diselesaikan dengan cepat dan efisien.

Sekretaris

Peran sekretaris sebagai asisten administratif rentan terhadap penggantian oleh teknologi AI yang dapat menggunakan perangkat pintar dengan lebih efisien.

Baca Juga  Rahasia Tarif Manggung Ahmad Dhani, Setengah Harga Tas Emas Konglomerat Mira Hayati

Akuntan

Akuntan juga menghadapi risiko karena teknologi AI dapat menangani perhitungan keuangan dengan cepat dan akurat.

Pekerja Data Entry dan Layanan Pelanggan

Teknologi yang mampu mengubah suara menjadi teks dapat mengancam pekerjaan data entry, sementara layanan pelanggan dapat dijalankan oleh mesin atau robot.

Perubahan ini menandai pergeseran menuju keberlanjutan teknologi di berbagai sektor pekerjaan, memicu perubahan dalam paradigma pekerjaan manusia di era kecerdasan buatan.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *