Perbandingan Gaji Buruh Pabrik, Realitas Upah di Indonesia dan Jepang

Segini Gaji Buruh Pabrik di Indonesia dan Jepang.
Segini Gaji Buruh Pabrik di Indonesia dan Jepang.

Jakarta Gaji buruh pabrik di Indonesia dan Jepang memiliki perbedaan yang mencolok, menjadi perbincangan hangat di tengah banyaknya pekerja buruh di Indonesia.

Buruh, sebagai pekerjaan yang umum dilakukan oleh masyarakat Indonesia, menjadi penopang kehidupan bagi sebagian besar orang. Perbandingan gaji buruh pabrik antara Indonesia dan Jepang mencuat sebagai topik yang menarik perhatian.

Gaji buruh di Indonesia memiliki rata-rata sekitar Rp 2,9 juta per bulan, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS). Angka tersebut mencakup rata-rata nasional, dengan perincian gaji buruh pria di sekitar Rp 3,1 juta, sementara gaji buruh perempuan yang bekerja di pabrik mencapai rata-rata Rp 2,4 juta.

Baca Juga  BPS Klarifikasi, Tidak Ada Impor Kurma dari Israel ke Indonesia

Perbedaan ini sangat signifikan jika dibandingkan dengan situasi di Jepang. Rata-rata upah buruh pabrik di Jepang mencapai Rp 113 ribu per jam untuk tertinggi dan Rp 89 ribu per jam untuk yang terendah.

Baca Juga  Masyarakat Berpenghasilan Rendah Terdampak, BP Tapera Siapkan Langkah Tegas

Dengan mempertimbangkan waktu kerja rata-rata karyawan di Indonesia, pendapatan buruh di Jepang setara dengan sekitar Rp 19 juta per bulan.

Inilah perbandingan gaji buruh pabrik di Indonesia dan Jepang yang menggambarkan ketidakproporsionalan dalam tingkat upah, menjadi informasi menarik terkait kondisi pekerja buruh di kedua negara tersebut.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *