Pemerintah Salurkan Bansos untuk Meningkatkan Kesejahteraan

Bansos-BLT Cair di Bulan Ini.
Bansos-BLT Cair di Bulan Ini.

Jakarta – Pemerintah telah menyalurkan bantuan sosial (bansos) yang telah dicairkan pada Januari 2024. Penyaluran tersebut telah dianggarkan dalam program perlindungan sosial (perlinsos) tahun 2024.

Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pemerintah telah berkomitmen untuk melanjutkan penyaluran bansos dan berencana memperpanjang bantuan tersebut hingga tahun 2024.

Berikut ini adalah ringkasan mengenai daftar program bansos yang telah dicairkan pada Januari 2024, pada hari Senin (8/1/2024).

Bansos PKH dan Kartu Sembako
Peningkatan anggaran program perlindungan sosial (perlinsos) mencakup Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Sembako, yang meningkat sebesar Rp7,4 triliun menjadi Rp81,2 triliun. Langkah ini menunjukkan komitmen pemerintah untuk memperkuat fondasi dukungan sosial.

Baca Juga  Mulai 17 Agustus 2024, Pembelian BBM Bersubsidi Dibatasi, Pertamina Siap Jalankan Arahan Pemerintah

Bansos Beras 10 Kg
Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang distribusi bansos beras seberat 10 kilogram hingga Juni 2024. Keputusan ini bertujuan memberikan bantuan berkelanjutan kepada rumah tangga yang menghadapi ketidakpastian ekonomi.

Program Indonesia Pintar (PIP) Kemendikbud
PIP adalah program bantuan subsidi pendidikan bagi pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP). Pada akhir tahun 2023, pemerintah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) PIP dengan nominal antara Rp450.000 hingga Rp1 juta.

BLT El Nino
Pada saat ini, pemerintah telah menyalurkan BLT El Nino sebesar Rp400.000 dengan anggaran mencapai Rp7,52 triliun. Penyaluran mungkin akan terus dilakukan hingga Januari 2024, mengingat tingkat penyaluran BLT El Nino saat ini masih mencapai 91%.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *