Masyarakat Diimbau Waspada, Kasus Covid-19 Meningkat, Gunakan Masker Saat di Luar

Kasus Covid-19 Marak Kembali.
Kasus Covid-19 Marak Kembali

Jakarta – Lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi, termasuk di Indonesia, memicu imbauan kepada masyarakat untuk kembali menggunakan masker saat berada di luar ruangan, terutama dalam menggunakan transportasi umum.

Menurut data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) per 18 Desember 2023, jumlah kasus Covid-19 yang terkonfirmasi positif mencapai 243 orang. Terdapat 2.204 kasus aktif dan 2 kasus yang dilaporkan meninggal.

Profesor Tjandra Yoga Aditama, mantan Direktur WHO, memberikan saran untuk memperketat penggunaan masker di tempat-tempat keramaian sebagai respons terhadap lonjakan kasus Covid-19.

Baca Juga  Wajib Masker Lagi di Transportasi Umum, Respons Pemerintah Terhadap Kenaikan Kasus Covid-19

Menurutnya, langkah-langkah pengetatan seperti ini dapat membantu menurunkan angka kasus Covid-19. Namun, upaya tersebut juga perlu didukung dengan program vaksinasi Covid-19.

Profesor Tjandra Yoga Aditama menjelaskan bahwa varian yang saat ini beredar di Singapura, secara rinci, menunjukkan lebih dari 60 persen penduduk terpapar oleh virus Covid-19 jenis JN.1, yang merupakan bagian dari varian BA.2.86.

Sebagai respons, pemerintah Singapura menyatakan bahwa hingga akhir November 2023, lebih dari 70 persen kasus Covid-19 disebabkan oleh varian EG.5 dengan sub-lineage HK.3.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *