Wajib Masker Lagi di Transportasi Umum, Respons Pemerintah Terhadap Kenaikan Kasus Covid-19

Pemerintah Ajak Masyarakat Pakai Masker.
Pemerintah Ajak Masyarakat Pakai Masker.

Jakarta – Pemerintah akan mewajibkan pengguna transportasi umum untuk menggunakan masker kembali, menyusul peningkatan kasus Covid-19. Masyarakat diimbau untuk kembali mengenakan masker karena meningkatnya kasus pneumonia mycoplasma dan subvarian EG.5 dan HK.3 dari Covid-19.

Berikut adalah fakta-fakta terkait kebijakan wajib masker dalam menggunakan transportasi umum:

Munculnya Varian Baru di Singapura
Menurut Mantan Direktur WHO, Profesor Tjandra Yoga Aditama, Singapura menghadapi varian baru Covid-19, khususnya varian JN.1 dari varian BA.2.86. Varian EG.5 dengan sublineage HK.3 juga menjadi penyumbang kasus signifikan hingga akhir November 2023.

Peningkatan Korban di Indonesia
Data Kementerian Kesehatan per 18 Desember 2023 menunjukkan 243 kasus positif Covid-19, dengan 2.204 kasus aktif dan 2 kasus kematian.

Baca Juga  LRT Jabodebek Tetap Berjalan Lancar, Waspada Aturan Larangan yang Harus Dipatuhi Penumpang

Rekomendasi Penggunaan Masker di Tempat Ramai
Profesor Tjandra Yoga Aditama merekomendasikan penggunaan masker kembali di tempat-tempat ramai, terutama di dalam ruangan dan saat mengunjungi kelompok rentan, sebagai respons terhadap lonjakan kasus Covid-19.

Himbauan Penggunaan Masker di Transportasi Umum
Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, menghimbau masyarakat untuk kembali mengenakan masker sebagai langkah pencegahan, meskipun belum ada peraturan resmi mengenai hal ini.

Vaksinasi Booster untuk Pengguna Transportasi Umum
Menteri Kesehatan mengimbau agar pengguna transportasi umum sudah menjalani vaksinasi booster sebagai langkah pencegahan tambahan, sambil tetap menjalankan protokol kesehatan.

Pengawasan dan Imbauan dari Petugas
Adita meminta petugas transportasi umum untuk mengawasi dan memberikan imbauan kepada calon penumpang, serta terus menerapkan protokol kesehatan. Petugas juga diharapkan telah divaksin.

Baca Juga  Bakal Calon Presiden Partai Perindo Ajak Mahasiswa Malang untuk Berkembang dalam Ekonomi Biru dan Hijau

Masyarakat diingatkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus Covid-19 saat menggunakan transportasi umum.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *