Rahasia Kekayaan Bripka Edi Purwanto, Polisi Ancam Pengendara dengan Alphard

Sumber kekayaan Bripka Edi Purwanto.
Sumber kekayaan Bripka Edi Purwanto

Jakarta Bripka Edi Purwanto, polisi yang mengancam pengendara menggunakan Alphard, ternyata memiliki sumber kekayaan yang menarik perhatian. Setelah dijadikan tersangka, kepemilikan mobil mewah Alphard dan Fortuner milik putrinya menjadi sorotan Indonesia Police Watch (IPW), terutama karena adanya dugaan penggunaan pelat nomor polisi bodong pada kedua mobil tersebut.

Pelat nomor yang terpasang di Alphard miliknya diketahui sebagai pelat nomor palsu dari mobil Mitsubishi Pajero warna hitam, begitu juga dengan Fortuner yang dikendarai oleh putrinya.

“Dari hasil identifikasi pelat kendaraan yang digunakan memang betul tidak sesuai dengan peruntukan,” ujar Kombes Kapolrestabes Palembang, Haryo Sugihartono.

Ketua IPW, Sugeng Teguh Santoso, juga menyatakan kepemilikan mobil mewah oleh seorang polisi berpangkat Bripka terlihat tidak wajar, kecuali ada faktor lain seperti warisan keluarga yang kaya turun temurun.

Mari kita intip sumber kekayaan Bripka Edi Purwanto, polisi yang mengancam pengendara menggunakan Alphard, yang telah diketahui berikut ini, Kamis (21/12/2023).

Baca Juga  Ganjar Pranowo: Penegakan Hukum Kunci Pertumbuhan Ekonomi, Target 7% di 2024
  1. Gaji Bripka Edi Purwanto
    Bripka Edi Purwanto merupakan anggota kepolisian RI dari Polres Banyuasin dan bertugas di Polsek Muara Padang. Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Belas atas PP Nomor 29 Tahun 2001 mengenai Peraturan Gaji Anggota Polri, gaji polisi dibedakan berdasarkan pangkat dan Masa Kerja Golongan (MKG).

Menurut data dari puskeu.polri.go.id, Edi Purwanto berpangkat Brigadir Polisi Kepala (Bripka) dengan gaji pokok yang termasuk dalam golongan 2, berkisar antara Rp2,3 juta hingga Rp3,7 juta.

Selain gaji pokok, sesuai dengan Peraturan Presiden RI Nomor 103 Tahun 2018 tentang Tunjangan Kinerja pegawai Kepolisian RI, anggota polisi juga menerima tunjangan, termasuk tunjangan istri atau suami, tunjangan anak, tunjangan pangan atau lauk pauk, hingga tunjangan jabatan.

  1. Tunjangan dan Penghasilan Tambahan
    Selain gaji pokok, anggota polisi juga menerima tunjangan dan penghasilan tambahan. Dalam hal ini, Edi Purwanto dapat menerima tunjangan istri atau suami, tunjangan anak, tunjangan pangan, serta tunjangan jabatan sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  2. Investasi atau Penghasilan Tambahan
    Sumber kekayaan Bripka Edi Purwanto juga bisa berasal dari investasi atau penghasilan tambahan lainnya di luar tugas polisi. Sebagai seorang individu, mungkin saja dia memiliki investasi atau bisnis yang memberikan penghasilan tambahan.
  3. Warisan Keluarga
    Meskipun memiliki kepemilikan mobil mewah, belum tentu seseorang membelinya dari hasil gaji atau penghasilan pribadinya. Bisa jadi, Bripka Edi Purwanto menerima warisan keluarga atau bantuan keuangan dari pihak lain.
  4. Kepemilikan Properti atau Aset Lainnya
    Sumber kekayaan Bripka Edi Purwanto juga bisa terletak pada kepemilikan properti atau aset lainnya, seperti tanah, rumah, atau investasi properti lainnya.
Baca Juga  Tarif Cukai Hasil Tembakau Naik 10%, Bagaimana Dampaknya Terhadap Harga Rokok?

Terkait dengan dugaan pelanggaran menggunakan pelat nomor palsu pada mobilnya, hal tersebut tentu akan menjadi perhatian penegak hukum dan pihak berwenang untuk penyelidikan lebih lanjut.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *