Adita Irawati: Masyarakat Diingatkan Kembali Gunakan Masker sebagai Langkah Pencegahan Covid-19

Pakai Masker di Transportasi Umum.
Pakai Masker di Transportasi Umum.

Jakarta – Masyarakat diingatkan untuk menggunakan masker saat menggunakan transportasi umum sebagai respons terhadap peningkatan kasus penyakit pneumonia mycoplasma dan varian Covid-19, termasuk subvarian EG.5 dan HK.3.

Adita Irawati, Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), menyatakan bahwa saat ini pemerintah belum mengeluarkan peraturan baru mengenai kewajiban penggunaan masker sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19. Namun, Adita juga menyarankan agar masyarakat lebih baik menggunakan masker sebagai tindakan pencegahan tambahan terhadap penyebaran virus.

“Kami mengimbau untuk kembali menggunakan masker, meskipun ini bukan kewajiban yang diatur dalam peraturan,” ujar Adita ketika diwawancarai di Kantor Kemenhub Jakarta pada Rabu (20/12/2023).

Baca Juga  Astra Infra, Arus Mudik Naik Tajam 92% di Tol Cikopo-Palimanan

Adita juga menambahkan bahwa masyarakat yang menggunakan transportasi umum sebaiknya telah melakukan vaksinasi booster dan tetap menjaga protokol kesehatan.

“Kami memberikan imbauan kepada calon penumpang untuk lebih waspada dan memperketat protokol kesehatannya. Di samping itu, dari Kementerian Kesehatan, kami juga mendorong agar penumpang sudah mendapatkan vaksinasi booster,” kata Adita.

Selain itu, Adita juga meminta kepada petugas transportasi umum untuk melakukan pengawasan dan memberikan imbauan kepada calon penumpang, serta terus menerapkan protokol kesehatan.

“Dan juga, pastikan petugasnya sudah divaksin,” tambahnya.

Sebagai informasi, berdasarkan data Kementerian Kesehatan per 18 Desember 2023, jumlah kasus Covid-19 telah mencapai 243 orang yang terkonfirmasi positif. Sementara itu, terdapat 2.204 kasus aktif dan 2 kasus kematian yang dilaporkan.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *