Ganjar Pranowo Jalin Kerjasama dengan IPB untuk Wujudkan Kedaulatan Pangan

Ganjar Pranowo siap wujudkan kedaulatan pangan.
Ganjar Pranowo siap wujudkan kedaulatan pangan.

Bogor Ganjar Pranowo, calon Presiden nomor urut 3 yang mendapat dukungan dari Partai Perindo, mengumumkan niatnya untuk bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) guna mencapai kedaulatan pangan di Indonesia, jika terpilih sebagai Presiden.

Ganjar menyatakan bahwa IPB merupakan lembaga pendidikan yang telah memiliki pengalaman di bidang pertanian.

“Saya berencana melakukan kerjasama dengan IPB, jika saya terpilih. Ini merupakan komitmen saling memberi dan menerima. Saya tidak ingin memaksakan, namun ini adalah hal yang konkret,” tegas Ganjar dalam acara Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) yang bertajuk ‘Food & Agriculture Summit II dan Dialog Calon Presiden RI 2024-2029: Mewujudkan Kedaulatan Agromaritim sebagai Fondasi Utama untuk Indonesia Emas 2045’, di IPB International Convention Center, Bogor, pada Selasa (19/12/2023).

Baca Juga  WSKT dan Pemerintah NTB Bersinergi, Gedung Kantor BPSILHK Mataram Kembali Berfungsi

Calon Presiden berambut putih ini menjelaskan alasan di balik keinginannya bekerja sama dengan IPB dalam mencapai kedaulatan pangan. IPB, sebagai kampus, telah melakukan riset dan sebagian besar mengolah hasil risetnya sendiri.

“Sebagian besar hasil penelitian dari kampus, seperti yang telah ditunjukkan oleh IPB, sekitar 35%, dihilirisasi oleh IPB sendiri. Bayangkan jika hal tersebut diadopsi oleh pemerintah sebagai kebijakan nasional,” jelas Ganjar.

Ganjar menambahkan bahwa IPB juga sangat terbuka terhadap langkah-langkah yang akan diambil olehnya, dan pelaksanaannya dapat melibatkan mahasiswa IPB sendiri.

Baca Juga  Harga Telur Ayam Ras Turun, Jagung Murah Berdampak Positif

“Ilmu dan metode sudah ada, pemerintah menyediakan orangnya, kita dapat mencari tanahnya, dan hasilnya dapat diukur. Saya yakin kedaulatan pangan dapat menjadi semakin optimis dengan tindakan yang dilakukan oleh IPB,” tambah Ganjar.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *