Pemilik Tol Cipali Terungkap: PT Lintas Marga Sedaya dan ASTRA Tol Nusantara

Pemilik Tol Cipali.
Pemilik Tol Cipali.

Jakarta – Pemilik Jalan Tol Cikopo – Palimanan (Cipali) masih cukup kurang dikenal oleh masyarakat umum.

Pemiliknya adalah PT Lintas Marga Sedaya, hasil dari kerjasama antara PT ASTRA Tol Nusantara (anak perusahaan dari PT ASTRA International, Tbk) dengan Canada Pension Plan Investment Board.

Jalan tol Cipali, yang terletak di Provinsi Jawa Barat, diresmikan pada tanggal 13 Juni 2015. Dengan periode konsesi selama 40 tahun, jalan tol sepanjang 116,75 KM ini diberi nama ASTRA Tol Cikopo-Palimanan (ASTRA Tol Cipali) sejak tahun 2019.

Baca Juga  Keputusan Menteri ESDM, Harga Batu Bara dan Mineral Logam Acuan Mei 2024

Terbukti bahwa jalan tol ini berhasil memotong rute Cikampek-Palimanan sejauh 40 KM dibandingkan melewati jalur Pantura.

Jalan Tol Cipali merupakan bagian dari sistem Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan dari Jalan Tol Merak hingga ke Surabaya. Dengan keberadaan Tol Cipali di antara Jakarta – Cikampek dan jalan tol Palimanan – Kanci, Tol Cipali menjadi jalur distribusi utama untuk barang dan transportasi umum di Jawa, diharapkan akan memberikan dampak positif pada pertumbuhan kawasan industri, perumahan, perkantoran, pariwisata, dan agrobisnis.

Baca Juga  Pendaftaran Seleksi CPNS dan PPPK Diperpanjang Hingga 11 Oktober 2023

Dengan diresmikannya beberapa jalur baru di sepanjang Jalan Tol Trans Jawa menuju Surabaya, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi Tol Cipali.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *