Abdullah Azwar Anas: Pemerintah Kaji Pemberian Insentif untuk ASN IKN

Pemerintah Usul Tunjangan Khusus untuk PNS yang Dipindahkan ke IKN.
Pemerintah Usul Tunjangan Khusus untuk PNS yang Dipindahkan ke IKN.

Jakarta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas mengungkapkan bahwa saat ini pemerintah sedang mengkaji pemberian tunjangan khusus bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dipindahkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menurutnya, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977, jika terdapat alasan-alasan yang kuat, ASN tertentu dapat diberikan tunjangan khusus sesuai dengan ketentuan Peraturan Presiden.

“Terkait besaran tunjangan yang diusulkan, tahapan, dan masa pemberlakuan akan dibahas bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu),” ungkap Anas dalam keterangan tertulis yang dikutip pada Senin (18/12/2023).

Baca Juga  Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Resmi Dilanjutkan, Waktu Tempuh Hanya Dua Jam

Anas berharap bahwa insentif khusus ini dapat mendorong minat ASN untuk tinggal dan bekerja di IKN, dengan menyediakan lingkungan bersih, udara sehat, serta sarana prasarana pendukung yang baik.

Proses pemindahan IKN, sesuai dengan Undang-Undang IKN, akan dibagi dalam lima fase. Fase pertama (2020-2024) fokus pada pembangunan miniatur penyelenggaraan pemerintahan, fase kedua (2025-2029) menitikberatkan pada pengembangan kantor bersama di IKN, fase ketiga (2030-2039) memfokuskan pada pengembangan pemerintahan yang responsif, fase keempat (2035-2039) berkaitan dengan pembangunan Kota Cerdas Industri 4.0, dan fase kelima (2040-2045) berfokus pada pembangunan Kota Cerdas dengan kecerdasan buatan (AI).(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *