Handito Joewono: Saatnya Ekspor RI Berkembang, Meski Was-Was terhadap Surplus Menurun

Tantangan Ekspor Indonesia tahun 2024.
Tantangan Ekspor Indonesia tahun 2024

Jakarta Ekspor Indonesia menghadapi tantangan pada tahun 2024. Handito Joewono, Kepala Sekolah Ekspor, mengungkapkan bahwa saat ini merupakan momen yang memerlukan kewaspadaan karena surplus neraca perdagangan Indonesia sebesar USD2,41 miliar menunjukkan adanya kecenderungan penurunan, meskipun telah mencatatkan rekor selama 43 bulan berturut-turut.

Meskipun demikian, Handito menegaskan bahwa tidak perlu khawatir dengan situasi ini karena pesaing dagang Indonesia, seperti Vietnam, mengalami performa menurun.

Dia menekankan bahwa daya saing produk ekspor Indonesia harus ditingkatkan, dan strategi baru perlu diterapkan dengan memasuki pasar-pasar non tradisional serta menggali potensi industri nilai tambah.

Baca Juga  Presiden Jokowi Lakukan Panen Raya di Subang Sambil Dialog dengan Petani

Handito menyatakan bahwa pentingnya sinkronisasi antara pemerintah sebagai pembuat kebijakan dan pelaku usaha. “Kalau kita ingin terus mendorong kinerja ekspor, kita harus melakukan itu terus-menerus. Kita masih menjadi pemain kecil di pasar ekspor, jadi untuk memperbesar ekspor, kita tidak boleh terlalu bergantung pada impor,” sambung Handito.

Baca Juga  Presiden Jokowi Resmikan Empat Terminal Bus Baru untuk Mendorong Kemajuan Transportasi

Menurutnya, tahun 2024 tidak akan mudah bagi perekonomian dan ekspor Indonesia, serta bagi semua negara di dunia. “Jadi ini tentunya membutuhkan kerja keras, perlu mencari produk-produk ekspor andalan baru bagi Indonesia,” tandas Handito.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *