Lonjakan Harga Cabai Mendekati Akhir Tahun, Pedagang Pasar Desak Respons Cepat Pemerintah

Harga cabai hari ini.
Harga cabai hari ini.

Jakarta Harga cabai meroket di pasar menjelang akhir tahun, dipicu oleh ketidakseimbangan antara pasokan di pasar dan meningkatnya kebutuhan masyarakat.

Abdullah Mansuri, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (DPP Ikappi), mengungkapkan bahwa pihaknya telah memberikan peringatan kepada pemerintah mengenai potensi kelangkaan pasokan pada akhir tahun. Namun, peringatan tersebut tidak mendapat respons dari pemerintah.

“Langkah dan upaya pemerintah tampaknya mengabaikan situasi dua bulan lalu, dibiarkan begitu saja. Saya sudah menyampaikan kepada Kepala Badan Pangan dan Menteri Perdagangan, tetapi pemerintah merasa situasinya akan membaik dengan sendirinya,” ujar Abdullah dalam Market Review IDXChannel, Senin (18/12/2023).

Baca Juga  United E-Motor Dukung Langkah Pemerintah dalam Menggenjot Motor Listrik

Abdullah menjelaskan bahwa sejak dua bulan lalu, harga cabai telah menunjukkan tanda-tanda kenaikan. Kenaikan ini dianggap tidak normal oleh para pedagang pasar.

Proyeksi kenaikan harga cabai juga terlihat dari sisi produktivitas sentra pertanian di pulau Jawa dan Sumatera selama dua bulan terakhir. Sementara permintaan, terutama menjelang akhir tahun, cenderung lebih tinggi.

Baca Juga  Prajogo Pangestu Memimpin Daftar Orang Terkaya Indonesia, Siapa Sosoknya?

“Namun sayangnya, pemerintah tidak begitu proaktif dalam menanggapi permintaan yang kami sampaikan,” pungkasnya.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *