Presiden Jokowi Optimis, Proyek MRT Fase 2 Jakarta Berjalan Lancar Menuju 2027

Fakta Pembangunan MRT Jakarta Fase 2.
Fakta Pembangunan MRT Jakarta Fase 2.

Jakarta – Hari Senin (18/12/2023), Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan terhadap Proyek MRT Fase 2 di Stasiun Monas, Jakarta, sambil memberikan penilaian positif terhadap kemajuan proyek tersebut.

Presiden Jokowi menyatakan bahwa perencanaan pembangunan segmen Bundaran HI hingga Kota dinilai telah berjalan dengan baik. Beliau menegaskan bahwa konstruksi terowongan dari Monas ke Bundaran HI sudah berhasil terhubung, dan akan dilanjutkan ke Fase 2B.

Berikut adalah fakta terkait proyek MRT Jakarta Fase 2:

Target Selesai pada 2027

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa target penyelesaian proyek MRT Fase 2A ini sesuai rencana, yakni pada tahun 2027. Beliau juga menyatakan bahwa hingga saat ini, tidak ada kendala signifikan dalam pembangunan proyek MRT tersebut.

Baca Juga  Kisah Inspiratif Hajrah, Dari Kelontong Sembako ke Sukses sebagai Agen BRILink

Pembangunan dalam Dua Tahap

Proyek MRT Jakarta Fase 2 terdiri dari dua tahap, yaitu Fase 2A dan Fase 2B. Fase 2A mencakup tujuh stasiun bawah tanah (Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota) dengan total panjang jalur sekitar 5,8 kilometer.

Fase 2B melibatkan dua stasiun bawah tanah (Mangga Dua dan Ancol) dan satu depo di Ancol Barat, dengan total panjang jalur sekitar enam kilometer.

Dua Segmen Pembangunan

Fase 2A dibagi menjadi dua segmen, yakni segmen satu dari Bundaran HI hingga Harmoni, dan segmen dua dari Harmoni hingga Kota. Rencananya, segmen satu dijadwalkan selesai pada Juni 2027, sementara segmen dua ditargetkan selesai pada April 2029.

Baca Juga  Dampak Kontroversial, Pengenaan Iuran Pariwisata pada Tiket Pesawat

Penjelasan dari Menhub

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bertemu dengan Menteri Negara Urusan Tanah, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang.

Dalam pertemuan tersebut, Menhub membahas kelanjutan sejumlah kerjasama pembangunan infrastruktur transportasi dengan Jepang, termasuk proyek MRT Fase 2A (Bundaran HI – Kota). Menhub mendorong agar proyek ini dapat diselesaikan sesuai target waktu yang ditetapkan.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *