Presiden Jokowi Dorong Kemitraan ASEAN-Jepang Hadapi Revolusi Industri 5.0

Presiden Jokowi Bahas Kerja Sama ASEAN-Jepang.
Presiden Jokowi Bahas Kerja Sama ASEAN-Jepang.

Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong peningkatan kerjasama antara ASEAN dan Jepang dalam menghadapi perubahan revolusi industri 5.0.

“Selama 50 tahun ini, ASEAN-Jepang telah bekerja sama untuk memperkuat kemitraan dan menyatukan masyarakat melalui program beasiswa, pertukaran pemuda, dan kegiatan budaya. Namun, tantangan di masa depan semakin kompleks,” ujar Jokowi dalam pernyataannya, Minggu (17/12/2023).

Oleh karena itu, Kepala Negara menyampaikan beberapa langkah untuk memperkuat kerjasama antara ASEAN dan Jepang.

Salah satu langkah yang diungkapkan Presiden adalah peningkatan kualitas talenta melalui kerjasama di bidang pendidikan dan penelitian sesuai dengan prioritas antarnegara.

“Jejaring pebisnis muda dan startup harus diperkuat dan disiapkan untuk mempercepat perkembangan ekonomi digital serta sektor industri strategis seperti manufaktur dan semikonduktor,” katanya.

Baca Juga  Presiden Jokowi; Simpan Sertifikat dengan Baik untuk Kemudahan Pengurusan

Selain itu, Presiden juga menyoroti perlunya peningkatan mobilitas masyarakat, termasuk bantuan pelatihan bahasa dan pengakuan bersama atau mutual recognition terhadap keterampilan dan pencapaian akademik.

Presiden juga menilai bahwa kerjasama di sektor pariwisata dan inovasi teknologi perlu ditingkatkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan.

“Peningkatan sektor pariwisata dan inovasi teknologi perlu terus kita dorong guna meningkatkan pemahaman bersama dan pertumbuhan ekonomi di kawasan,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Jokowi menyatakan keyakinannya bahwa hubungan antara ASEAN dan Jepang yang dibangun dari generasi ke generasi dan dari hati ke hati dapat menjadi jembatan untuk mengatasi perbedaan di tengah dunia yang sedang terpecah.

Baca Juga  Pegawai Honorer Titipan di Kementan Terima Gaji Besar Meski Hanya Ngantor Dua Kali Setahun

“Jembatan menuju perdamaian dan kemakmuran bagi umat manusia. Itulah yang kita wakili,” katanya.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *