KAI Perkenalkan Kereta Eksekutif dan Luxury Terbaru: Kenyamanan Baru di KA Argo Lawu

Kereta Api Argo Lawu Generasi Baru Siap Beroperasi.
Kereta Api Argo Lawu Generasi Baru Siap Beroperasi.

Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI kini mengoperasikan KA Argo Lawu dengan rute Gambir – Solo Balapan pulang-pergi menggunakan jenis Kereta Eksekutif New Generation dan Kereta Luxury New Generation mulai Senin (18/12/2023).

Kereta New Generation ini merupakan bagian dari pengadaan 612 unit kereta Stainless Steel New Generation periode 2023 hingga 2026 yang diimpor dari PT INKA (Persero).

Keunggulan dari Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation ini antara lain adanya pintu masuk kereta dan pintu penghubung antar kereta yang telah dilengkapi dengan pintu elektrik otomatis. Hal ini mempermudah pelanggan dalam membuka atau menutup pintu tanpa memerlukan banyak energi, serta mengurangi kebisingan saat proses tersebut.

Selain itu, sistem Passenger Information Display (PIDS) yang terdapat di setiap kereta dapat menampilkan informasi penting seperti stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan. PIDS ini memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik dan menyediakan informasi yang berguna bagi pelanggan selama perjalanan.

Jendela pada Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation telah di-upgrade menjadi tempered double glass dari sebelumnya tempered glass. Ini tidak hanya meningkatkan tingkat keamanan, tetapi juga membantu mengurangi panas berlebih, sinar UV, dan kebisingan.

Baca Juga  KAI Targetkan Perbaikan dan Pembaruan Lebih dari 200 Gerbong Kereta Ekonomi hingga 2026

Untuk memenuhi kebutuhan pengisian daya gadget pelanggan, KAI menambahkan port USB charger pada setiap kursi, selain stop kontak yang sudah tersedia di dinding kereta. Fasilitas ini memungkinkan penumpang untuk terus menggunakan perangkat elektronik mereka tanpa khawatir kehabisan daya.

Kelebihan lain dari Kereta Luxury New Generation adalah penambahan toilet dari satu toilet menjadi dua toilet, yang terpisah untuk pria dan wanita. Kereta Makan dalam rangkaian New Generation juga mengalami pembaruan dengan interior dan furnitur premium, terutama dengan sentuhan kayu yang membuatnya lebih mewah. PIDS yang sama juga hadir di Kereta Makan.

“Upaya peningkatan kenyamanan pada kereta yang sedang dilakukan oleh KAI diharapkan dapat memajukan transportasi kereta api dan menarik minat masyarakat untuk tetap menggunakan layanan kereta api,” tambah Joni.

Fasilitas ini serupa dengan kereta eksekutif dan luxury new generation yang sebelumnya telah digunakan untuk KA Argo Dwipangga.

Baca Juga  Fasilitas Maksimal, KAI Hadirkan Selimut Gratis untuk Penumpang Kereta Eksekutif

Harga tiket untuk kereta eksekutif Argo Lawu berkisar Rp600 ribu, sedangkan untuk kelas luxury berkisar antara Rp1,3 juta hingga Rp1,5 juta. Tarif tersebut bersifat dinamis dan tetap berada dalam kisaran Tarif Batas Bawah hingga Tarif Batas Atas yang telah ditetapkan.

Tiket untuk periode liburan Natal dan Tahun Baru masih tersedia, dan masyarakat dapat melakukan pemesanan melalui aplikasi Access by KAI, situs web kai.id, serta semua saluran resmi pemesanan tiket kereta api lainnya.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *