PLTU Sintang Uji Coba Firing Biomassa 100% selama 20 Hari

PLTU Sintang Uji Coba 100% Firing Biomassa.
PLTU Sintang Uji Coba 100% Firing Biomassa.

Jakarta Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sintang Unit 1 sedang menjalani uji coba pembakaran 100% Biomassa selama 24 jam non-stop. Proses firing biomassa ini dijadwalkan berlangsung selama 20 hari, dimulai sejak 13 Desember 2023.

Direktur Utama PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI), Iwan Agung Firstantara, menjelaskan bahwa PLN EPI akan menyuplai kebutuhan biomassa dari cangkang sawit dan woodchip dari Sintang dan sekitarnya.

Iwan juga menegaskan bahwa pelaksanaan firing biomassa ini memerlukan total 180 ton biomassa per hari. Dengan volume pasokan dan stok biomassa yang tersedia, implementasi firing biomassa 100% direncanakan berlangsung selama 20 hari, hingga tanggal 2 Januari 2024.

Baca Juga  PLN Energi Primer Indonesia dan Sumber Global Energy Kolaborasi Tingkatkan Pemanfaatan Biomassa di PLTU

Hasil dari implementasi firing Biomassa 100% pada hari ke-2 menunjukkan hasil positif, seperti penurunan pemakaian rata-rata bahan bakar sebesar 10%, penurunan biaya bahan bakar sebesar 20%, dan penurunan kadar emisi SOx, NOx, dan CO2.

PLTU Sintang, yang terletak di Kalimantan Barat, merupakan Pembangkit Listrik Tenaga Uap yang memasok kebutuhan listrik di Sistem Khatulistiwa. Dengan daya terpasang 3 x 7 MW, PLTU Sintang beroperasi sejak tahun 2018 dan telah melaksanakan Co-firing Biomassa sejak tahun 2021.

PLTU Sintang diharapkan menjadi percontohan untuk implementasi Firing Biomassa 100%, menggunakan biomassa berkualitas tinggi, serta menjadi PLTU Hybrid yang dapat beralih secara fleksibel dari bahan bakar batu bara ke bahan bakar biomassa.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *