Rekrutmen CPNS 2024 Perkuat SDM Pariwisata Demi Pengembangan Destinasi Prioritas

Rekrutmen CPNS 2024.
Rekrutmen CPNS 2024

Jakarta – Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 akan menambahkan formasi pada sektor pariwisata karena kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM). Pernyataan ini disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (PANRB), Azwar Anas.

Azwar menyatakan bahwa pada tahun 2024, formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) di sektor pariwisata akan ditingkatkan. Langkah ini diambil untuk mendukung pengembangan Destinasi Pariwisata yang saat ini menjadi prioritas untuk dikembangkan.

Menurut Menteri PANRB, pengembangan daerah pariwisata di Indonesia, khususnya di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Prioritas, belum mencapai perkembangan yang optimal. Hal ini disebabkan oleh kurangnya jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlibat dalam pengelolaan sektor pariwisata tersebut.

Baca Juga  Elon Musk Tertarik Investasi di Indonesia Setelah Suksesnya Starlink di Bali dan Maluku

“Ini menjadi prioritas, namun SDM belum mendapatkan dukungan yang memadai,” ujar Azwar Anas setelah menghadiri acara Malam Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia 2023, seperti dilansir pada Minggu (17/12/2023).

Pemerintah berencana membangun “10 Bali Baru” melalui program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) untuk meningkatkan sektor pariwisata di Indonesia. Sepuluh destinasi prioritas termasuk Danau Toba di Sumatera Utara, Tanjung Kelayang di Belitung, Tanjung Lesung di Banten, Kepulauan Seribu di Jakarta, Candi Borobudur di Jawa Tengah, Gunung Bromo Tengger, dan Semeru di Jawa Timur.

Selain itu, terdapat Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Morotai di Maluku Utara, serta Tanjung Kelayang di Bangka Belitung.

Baca Juga  Kemenpan RB Matangkan Rencana Pemindahan ASN ke IKN, Simulasi Dimulai Maret 2024

“Kami sudah berdiskusi dengan Bapak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif agar daerah-daerah super prioritas ini mendapatkan dukungan SDM yang memiliki latar belakang di bidang pariwisata dari berbagai daerah. Karena faktanya, beberapa daerah memerlukan SDM untuk itu,” jelas Azwar lebih lanjut.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *