Pemerintah Buka Lowongan Calon Hakim dalam Rekrutmen ASN 2024

Ada formasi calon hakim di CPNS 2024.
Ada formasi calon hakim di CPNS 2024

Jakarta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengumumkan pembukaan formasi calon hakim dalam rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2024.

Abdullah Azwar Anas menjelaskan bahwa saat ini formasi hakim dinilai masih kurang, terutama setelah beberapa waktu Pemerintah jarang membuka formasi untuk posisi hakim. “Kementerian PANRB mempertimbangkan untuk menyediakan formasi calon hakim tahun 2024 karena kekurangannya cukup banyak,” ujar Anas dalam keterangan tertulisnya, Jumat (15/12/2023).

Proses pengadaan calon hakim akan melibatkan seleksi dari Analis Perkara Peradilan yang sudah diangkat sebagai PNS dan memenuhi kualifikasi sebagai Calon Hakim di lingkungan Mahkamah Agung (MA). Langkah-langkah pengadaan hakim akan mengikuti prosedur rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada umumnya, termasuk uji kompetensi. Namun, menjadi hakim memerlukan tahapan khusus yang dijalankan oleh MA.

Baca Juga  Bandara Minangkabau Kembali Beroperasi Normal Setelah Erupsi Gunung Marapi

Abdullah Azwar Anas juga menyampaikan bahwa kebutuhan besar akan Sumber Daya Manusia (SDM) di unit kerja pengadilan baru di lingkungan MA, termasuk hakim peradilan umum, hakim peradilan agama, hakim peradilan tata usaha negara, serta ASN yang terdiri dari PNS dan PPPK.

Dalam konteks rekrutmen ASN tahun 2024, Anas menekankan prioritas pemenuhan kebutuhan di bidang pelayanan dasar, seperti tenaga guru dan tenaga kesehatan. Sesuai dengan UU No. 20/2023 tentang ASN, fokus selanjutnya akan difokuskan pada menyelesaikan permasalahan tenaga non-ASN di instansi pemerintah.

Baca Juga  PT KAI (Persero) Mulai Jual Tiket Lebaran 2024, Berikut Cara Belinya!

Kebijakan ke depan tetap membuka peluang bagi talenta baru melalui seleksi CPNS, dengan tujuan mengurangi dampak transformasi digital terhadap berbagai jabatan sebanyak mungkin.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *