Fakta Terkini IKN: Proyek PNS atau Manfaat untuk Semua?

Proyek IKN Nusantara.
Proyek IKN Nusantara

JakartaProyek Kawasan Industri Kendal (IKN) dianggap sebagai proyek yang hanya menguntungkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) karena fasilitas yang dibangun dinilai hanya diperuntukkan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN, Agung Wicaksono, menyatakan bahwa ini adalah kesalahpahaman. Fasilitas di IKN tidak hanya ditujukan untuk PNS saja, melainkan juga dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat.

Biaya proyek IKN yang tinggi disebut-sebut berpengaruh terhadap iklim investasi. Namun, Agung Wicaksana kembali membantah hal tersebut. Ia berpendapat bahwa calon investor tentu kesulitan melakukan perhitungan dan analisis sebelum menanamkan modal.

Berikut rangkuman 4 fakta mengenai IKN yang dianggap sebagai proyek PNS hingga biaya konstruksi yang mahal, Sabtu (16/12/2023).

Pembangunan Proyek Rumah Susun (Rusun) ASN
PT Hutama Karya (Persero) menandatangani kontrak konstruksi rancangan dan pembangunan proyek Rusun ASN di Kawasan IKN. Proyek ini dikabarkan mencapai nilai Rp1.488 triliun. Perkiraan waktu pelaksanaan proyek ini adalah 15 bulan.

“Dalam pelaksanaan konstruksinya, Hutama Karya secara detail melakukan sejumlah pekerjaan, termasuk pematangan lahan, keselamatan konstruksi, struktur (bawah dan atas), arsitektur, sistem mekanikal, kelistrikan dan perpipaan, sarana prasarana, hingga lanskap dan ruang terbuka hijau,” ungkap EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo.

Baca Juga  Peluang Karir di PT GraPARI Telkomsel November 2023 - Berlaku untuk Semua Jurusan, Ini Areanya

Proyek Bangunan Pintar (Smart Building)
Hutama Karya menerapkan sejumlah teknologi digital konstruksi untuk mewujudkan konsep bangunan pintar yang berorientasi pada lingkungan. Salah satu implementasinya adalah penggunaan sistem aluminium formwork untuk menggantikan cetakan konvensional.

Gedung yang terdiri dari 12 lantai ini akan dilengkapi dengan fasilitas umum seperti tempat olahraga dan ruang publik di lantai 1 dan 2. Sementara, lantai 4 sampai 10 akan dijadikan hunian.

Fasilitas IKN untuk Seluruh Masyarakat
Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN, Agung Wicaksono, menjelaskan bahwa fasilitas yang ada di IKN dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat. Agung memberi contoh dari sektor pelayanan kesehatan, di mana rumah sakit di IKN akan menggunakan standar kualitas dan kuantitas di atas rata-rata.

Layanan Kesehatan dan Fasilitas Lainnya
Selain layanan kesehatan, IKN juga akan dilengkapi dengan fasilitas lain yang mendukung kehidupan masyarakat.

Baca Juga  Pemerintah Tawarkan Kenaikan Jabatan bagi ASN yang Bersedia Pindah ke Pedalaman dan IKN

Biaya Konstruksi IKN yang Tinggi
Pembangunan yang masif menyebabkan kebutuhan material meningkat, sementara suplai material ke lokasi bergerak lambat. Agung Wicaksono menyatakan bahwa biaya konstruksi untuk pembangunan IKN terbilang mahal karena material konstruksi harus didatangkan dari luar wilayah IKN. Konsep pembangunan IKN berkomitmen untuk tidak merusak lingkungan, sehingga aktivitas penambangan tidak dapat dilakukan.

“Kami di IKN melakukan moratorium segala macam pertambangan yang tidak boleh, karena kami ingin menjadikannya green area. Sehingga mereka memang harus memasok dari luar, dan ini memang dari waktu ke waktu akan ada dinamikanya seperti itu,” jelas Agung.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *