Pemerintah Bagikan Gratis Rice Cooker: Solusi Hemat Energi untuk Masyarakat

Pembagian Rice Cooker Gratis.
Pembagian Rice Cooker Gratis.

Jakarta – Pemerintah sedang melakukan distribusi alat masak berbasis listrik (AML) atau rice cooker secara gratis kepada masyarakat yang memenuhi syarat tertentu.

Tahap awal pembagian dimulai pada tanggal 12 Desember 2023, dengan target menyasar 53.161 rumah tangga di 26 provinsi. Proses pembagian rice cooker ini akan berlangsung secara bertahap hingga bulan Januari 2024.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian, Jisman Hutajulu, menyatakan bahwa ada lima merek rice cooker yang digunakan dalam program pemerintah ini. Kelima merek tersebut adalah Cosmos, Maspion, Miyako, Sanken, dan Sekai, sebagaimana diungkapkan dalam keterangan tertulis.

Rice cooker yang dibagikan oleh pemerintah memiliki kapasitas antara 1,8 hingga 2,2 liter. Seluruh rice cooker ini telah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan memiliki tingkat hemat energi. Selain itu, setiap rice cooker juga dilengkapi dengan stiker yang bertuliskan “Hibah Kementerian ESDM” dan “Tidak untuk Dipejualbelikan”.

Baca Juga  Investasi USD15 Miliar dari Exxon Mobil Akan Dongkrak Infrastruktur dan Energi Terbarukan Indonesia

Stiker-stiker tersebut didesain agar tidak mudah luntur dan sulit untuk dilepas. Penerima rice cooker gratis dihimbau dengan tegas untuk tidak menjualnya.

Selanjutnya, pendistribusian AML akan dilaksanakan dengan target penyelesaian pada minggu ketiga bulan Januari 2024, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 109 Tahun 2023.

Dia juga menegaskan bahwa penerima tidak perlu membayar biaya apapun karena penyediaan dan distribusi AML ke rumah tangga calon penerima sudah ditanggung oleh pemerintah.

Baca Juga  Jokowi Cek Harga di Pasar Waru: Cabai Rawit Turun, Bawang Merah Stabil

“Diharapkan dengan adanya program ini, secara bertahap dapat mengurangi ketergantungan impor LPG dalam kegiatan memasak, meningkatkan konsumsi listrik per kapita, serta mendukung penggunaan teknologi yang lebih bersih dan hemat dalam memasak,” tutup Jisman.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *