BI Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi Global 2023 Sebesar 2,9% dan Melambat Jadi 2,8% pada 2024

BI proyeksi pertumbuhan ekonomi global melambat.
BI proyeksi pertumbuhan ekonomi global melambat

Bank IndonesiaBank Indonesia (BI) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi global pada tahun 2023 sebesar 2,9%, dengan prediksi melambat menjadi 2,8% pada tahun 2024. Wahyu Nugroho, Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia, menyampaikan proyeksi ini dalam Seminar Core Indonesia dengan tema “Konsolidasi Ekonomi di Tahun Politik”.

Wahyu menjelaskan bahwa ekonomi Indonesia di tahun 2024 diperkirakan akan menghadapi tantangan lebih besar dari sisi global. Faktor penyebabnya tidak hanya terkait masalah geopolitik, melainkan juga munculnya fragmentasi, termasuk dalam hal investasi.

“Pada tahun 2024, dari sisi global, situasinya tidak lebih mudah dibandingkan dengan tahun 2023. Selain masalah geopolitik, munculnya fragmentasi dari sektor korporasi atau investasi menjadi salah satu faktor,” ujar Wahyu pada Selasa (12/12/2023).

Baca Juga  Direktur Utama Perum Bulog Ungkap Praktik Penyimpangan Distribusi Beras

Wahyu juga menyoroti beberapa tantangan ekonomi Indonesia saat ini, termasuk perlambatan pertumbuhan ekonomi global dan semakin tidak khususnya struktur ekonomi global. Meskipun demikian, BI optimis bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tetap kuat dan meningkat.

Baca Juga  Kebebasan Mengkritik Negara Asal Pajak, Ciri Demokrasi Indonesia yang Hebat

Pihak BI menegaskan keyakinannya bahwa pertumbuhan ekonomi di Indonesia akan mencapai 4,5% hingga 5,3% pada tahun ini dan 4,7% hingga 5,5% pada tahun depan.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *